Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Pengetahuan, Pendidikan, dan Tradisi Dengan Pemilihan Pertolongan Persalinan Tenaga Non Kesehatan


Kematian ibu dan bayi  paling banyak terjadi saat persalinan, pasca persalinan, dan hari-hari pertama kehidupan bayi. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kemampuan dan keterampilan tenaga kesehatan sebagai penolong persalinan. Pesan pertama kunci MPS (Making Pregnancy Safer) yaitu setiap persalinan hendaknya ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih. Faktor – faktor yang mempengaruhi pertolongan persalinan tenaga non kesehatan diantaranya adalah pengetahuan, pendidikan, dan tradisi yang ada di masyarakat. Di wilayah puskesmas Gaya Baru V masih terdapat pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan yang masih menggunaan cara – cara tradisional. Tahun 2010 sampai 2012 terdapat 4 kasus kematian ibu dan 27 kasus kematian neonatal yang sebagian besar ditolong oleh tenaga non kesehatan. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, pendidikan, dan tradisi dengan pemilihan pertolongan persalinan tenaga non kesehatan di wilayah Puskesmas Gaya Baru V Lampung Tengah tahun 2012.
Metode penelitian menggunakan survey analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi penelitian seluruh ibu bersalin sebanyak 519 responden dan sampel penelitian sebanyak 84 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner dengan cara wawancara. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian diketahui 26,2% persalinan ditolong tenaga non kesehatan, 41,7% ibu bersalin berpengetahuan kurang, 66,7% dengan tingkat pendidikan Dasar, 23,8% tradisi keluarga mendukung pemilihan pertolongan persalinan tenaga non kesehatan. Ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan pemilihan pertilongan persalinan tenaga non kesehatan (p-value=0,001), ada hubungan anatara pendidikan ibu dengan pemilihan pertolongan persalinan tenaga non kesehatan (p-value=0,044), dan ada hubungan tradisi ibu dengan pemilihan pertolongan persalinan tenaga non kesehatan (p-value=0,013).
Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara pengetahuan, pendidikan, dan tradisi dengan pemilihan pertolongan persalinan tenaga non kesehatan di wilayah Puskesmas Gaya Baru V Lampung Tengah tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu diberikan penyuluhan tentang manfaat persalinan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat khususnya ibu hamil dengan meningkatkan peran serta bidan serta membentuk kelas ibu, dengan demikian informasi tentang kehamilan dan persalinan dapat menambah pengetahuan ibu, sehingga ibu akan memeriksakan dan melakukan pertolongan persalinan ketenaga kesehatan.

Kata Kunci : Persalinan, Pengetahuan, Pendidikan, Tradisi.
Daftar Bacaan : 28 (2001 – 2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page