Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami dengan Penggunaan Kontrasepsi Intra Uterine Device pada Akseptor KB


Masalah utama yang dihadapi Indonesia dibidang kependudukan adalah masih tingginya pertumbuhan penduduk dan laju pertumbuhan penduduk (LPP) dari tahun ke tahun cenderung meningkat, untuk mengurangi ledakan tersebut maka keikutsertaan KB di suatu wilayah diharapkan mencapai 70% dari jumlah PUS, dan minimal 60% memakai metode jangka panjang (MJP) salah satunya Intra Uterine Devices (IUD).  Target keikutsertaan Akseptor KB di Lampung Tengah 20%-nya  memakai kontrasepsi  IUD. Cakupan akseptor IUD di Puskesmas Rumbia meski terjadi peningkatan, namun masih sangat rendah pencapaiannya. Tahun  2009 ada 0,48%, tahun 2010 ada 0,62%, sedangkan tahun 2011 ada 0,71% dan bulan Januari - Oktober 2012 ada 1,07%. Penggunaan IUD merupakan bentuk perilaku seseorang. Survey pendahuluan terhadap 10 akseptor diketahui 70%  mengatakan belum mengerti tentang kontrasepsi IUD dan 90%  mengatakan suami tidak mendukung penggunaan kontrasepsi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan dukungan suami dengan penggunaan kontrasepsi intra uterine device (IUD) pada akseptor KB di wilayah kerja Puskesmas Rumbia Kabupaten Lampung Tengah
Penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah akseptor KB di Puskesmas Rumbia tahun 2011 sebanyak 3.506 akseptor. Teknik pengambilan sampel dengan sistematic random sampling. Populasi kasus sebanyak 31 akseptor dan populasi kontrol sebanyak 31 akseptor. Cara  pengumpulan data metode wawancara dengan alat ukur kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. 
Hasil penelitian dari 62 responden menunjukkan bahwa proporsi pengetahuan kurang baik sebanyak 33,9%, proporsi responden yang tidak mendapat dukungan suami sebanyak 46,8%. Ada hubungan antara pengetahuan (p=0,007) dan dukungan suami (p= 0,000) dengan penggunaan kontrasepsi IUD
Kesimpulan penelitian, ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan dukungan suami dengan penggunaan kontrasepsi IUD. Agar Puskesmas meningkatkan pengetahuan  akseptor dan suami akseptor dengan melakukan penyuluhan yang intensif. 

Kata Kunci : Pengetahuan, Dukugan Suami, IUD
Daftar Bacaan : 32 (1998 – 2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page