Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Pendidikan Ibu dan Penyakit Infeksi dengan Status Gizi Balita


Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara dalam hal peringkat Human Development Index (HDI), kondisi ini jauh di bawah negara-negara ASEAN lainnya. Rendahnya status gizi masyarakat di Indonesia jelas berdampak pada kualitas sumberdaya manusia. Data di Puskesmas Gaya Baru V terdapat kasus gizi kurang sebanyak 5,5% pada tahun 2011. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak  terdiri dari sebab langsung dan sebab tak langsung yaitu kurangnya konsumsi makanan, adanya penyakit infeksi, pendapatan, dan pendidikan keluarga yang bersangkutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan dan penyakit infeksi  dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Gaya Baru V Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus pada penelitian ini adalah seluruh balita dengan status gizi kurang wilayah Puskesmas Gaya Baru V yang berjumlah 58 pasien dan populasi kontrol semua balita dengan status gizi normal yang berjumlah 3.309 balita. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan sampel kasus 54 balita dan sampel kontrol 54 balita. Cara ukur yang digunakan dengan lembar kuisioner dianalisis secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisis chi square.
Hasil pengolahan data bahwa proporsi status gizi balita sebanyak 50% (54 balita) dengan gizi tidak normal, 55,56% (60 ibu balita) dengan pendidikan dasar, 62,04% (67 balita) yang menderita penyakit infeksi. Hasil uji chi square ada hubungan pendidikan dengan status gizi balita dengan p value: 0,33 dan OR: 2,500 dan ada hubungan penyakit infeksi  dengan status gizi balita dengan p value: 0,017 dan OR: 2,857
Kesimpulan penelitian ada hubungan antara pendidikan dan penyakit infeksi dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Gaya Baru V Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka pentingnya dilakukan peningkatkan pelayanan kesehatan pada ibu balita dengan meningkatkan penyuluhan mengenai gizi balita.

Kata Kunci : Status gizi, pendidikan, penyakit infeksi
Daftar Bacaan : 21 (2001-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page