Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Paritas dan Gemelli dengan Kejadian Pre Eklampsia


Eklampsia merupakan penyebab langsung kematian ibu terbesar kedua setelah perdarahan yaitu 25% (BPPN, 2007). Kejadian pre eklampsia di RS. Mardi Waluyo mengalami peningkatan sejak tahun 2009 sebanyak 13,58%, tahun 2010 sebanyak 14,62%. Pre eklampsia dapat menyebabkan solusio plasenta, hemolisis, pendarahan otak, edema paru, nekrosis hati, kerusakan jantung, sindroma HELLP (Hemolysis Elevated Liver Low Platelet), kelainan ginjal. Faktor risiko kejadian pre eklampsia lebih banyak terjadi pada primigravida, nullipara, usia ibu dan gemelli. 
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan paritas dan gemelli dengan kejadian pre eklampsia pada ibu bersalin di RS Mardi Waluyo Kota Metro Tahun 2011.
Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami persalinan dengan bayi yang mampu hidup di luar rahim di ruang bersalin RS Mardi Waluyo tahun 2011 yang berjumlah 935 ibu bersalin. Besar sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus Notoatmodjo (2005), sejumlah 280. Pengambilan sampel menggunakan tehnik systematic random sampling. Cara ukur yang digunakan dengan lembar checklist yang dianalisa secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Analisis univariat didapatkan distribusi frekuensi kejadian Pre Eklampsia sebanyak 41,43%, paritas berisiko tinggi sebanyak 50,71%, kejadian gemelli sebanyak 7,50%. Hasil analisis bivariat antara paritas ibu dengan kejadian pre eklampsia dengan p value: 0,010 dan gemelli dengan kejadian pre eklampsia dengan p value: 0.008.
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara paritas dan gemelli dengan kejadian pre eklampsia pada ibu bersalin di RS Mardi Waluyo Kota Metro Tahun 2011. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan bagi pihak RS Mardi Waluyo khususnya tenaga kesehatan bidan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada ibu bersalin diantaranya melakukan penapisan awal dan membuat partograf agar dapat terdeteksi secara dini kondisi yang memerlukan tindakan segera.

Kata Kunci : Pre Eklampsia, paritas, gemelli
Daftar Bacaan : 30 (1998-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page