Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Ketersediaan Air Bersih dan Ketersediaan Jamban Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Balita


Berdasarkan laporan WHO tahun 2012 penyebab kematian balita yang disebabkan oleh diare adalah sebesar 10% dari 7.614.000 kematian balita dan merupakan penyebab kematian nomor tiga di dunia pada balita. Diare di Asia Tenggara juga menempati urutan nomor tiga penyebab kematian pada anak PMR sebesar 11%.Desa Sindang Agung jumlah penderita diare pada balita menduduki urutan tertinggi dibandingkan dengan 19 desa lain di wilayah Puskesmas Tanjung Raja. Faktor utama penyebab diare pada balita adalah faktor infeksi bakteri dan virus dan faktor perilaku yang terdiri atas pemberian ASI eksklusif, kebiasaan cuci tangan, serta penyimpanan makanan dan faktor lingkungan yang terdiri atas ketersediaan air bersih, ketersediaan sarana mandi, cuci dan jamban sehat.
Penelitian ini secara umum bertujuanuntuk mengetahui hubungan ketersediaan air bersih dan ketersediaan jamban sehat dengan kejadian diare pada balita di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh balita di Desa Sindang Agung pada bulan Januari – September 2012 yang berjumlah 274 balita, dan sampel diambil menggunakan tehnik simple random sampling, dengan jumlah 163 Balita. Cara ukur dengan wawancara dan observasi menggunakan alat ukur kuisioner dan checklist yang dianalisa secara univariat dengan persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil pengolahan data bahwa proporsi diare pada balita sebesar 32,52% (53 balita), 63,80% tidak tersedia sumber air bersih, 70,55% tidak tersedia jamban sehat. Hasil uji chi square terdapat hubungan ketersediaan air bersih dengan kejadian diare dengan p value: 0,008, dan terdapat hubungan ketersediaan jamban sehat dengan kejadian diare dengan p value: 0,009. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara ketersediaan air bersih dan jamban dengan kejadian diare pada balita di Desa Sindang Agung tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu penyuluhan mengenai diare, penyediaan sumber air bersih dan jamban yang sehat dengan upaya swadaya masyarakat berkerjasama denganpuskesmas dan kecamatan,

Kata Kunci : Diare, air bersih, jamban sehat
Daftar Bacaan : 19 (1998-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page