Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Kehamilan Postterm dan Partus Lama Dengan Kejadian Asfiksia Bayi Baru Lahir


Kematian perinatal di seluruh dunia lebih dari 6,3 juta dalam setahun yang hampir semua terjadi di negara berkembang dan 27% terjadi di negara-negara paling maju. Salah satu penyebab kematian neonatal tersebut adalah kejadian asfiksia. Angka kejadian asfiksia  di dunia menurut World Health Organization (WHO) adalah 19%. Asfiksia pada bayi baru lahir terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor ibu, faktor tali pusat dan faktor bayi. Faktor ibu diantaranya hipertensi, perdarahan abnormal, preeklampsi dan eklampsi, infeksi berat, demam selama persalinan, kehamilan lewat waktu, partus lama serta ketuban pecah dini.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan kehamilan postterm dan partus lama dengan kejadian asfiksia di RB Puti Bungsu Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di RB Puti Bungsu Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2011 yang berjumlah 347 ibu bersalin, dan sampel diambil menggunakan tehnik systematic random sampling, dengan jumlah 186 responden. Cara ukur yang digunakan dengan lembar checklist yang dianalisa secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil pengolahan data bahwa proporsi kejadian asfiksia sebanyak 33,87% (63 bayi), kehamilan postterm sebanyak 31,18% (58 ibu), persalinan partus lama sebanyak 39,25% (73 ibu). Hasil uji chi square terdapat hubungan antara kehamilan postterm dengan kejadian asfiksia dengan x2hitung 6,051, dan terdapat hubungan antara persalinan partus lama dengan kejadian asfiksia dengan x2hitung 10,627.
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara kehamilan posterm dan partus lama dengan kejadian asfiksia di RB Puti Bungsu. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap faktor-faktor predisposisi yang dapat menyebabkan terjadinya asfiksia pada bayi baru lahir khususnya pada kehamilan postterm dan partus lama.

Kata Kunci : Asfiksia, kehamilan posterm, partus lama
Daftar Bacaan : 26 (1998-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page