Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Hubungan Antara Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Status Gizi Usia 1-3 Tahun


Kejadian kurang gizi secara nasional mengalami penurunan yaitu 18,4% pada tahun 2007 menjadi 17,9% pada tahun 2010. Prevalensi gizi buruk yaitu 5,4% menjadi 4,9%, gizi lebih 5,8%. Gizi buruk mempunyai dampak terhadap seorang anak, pertumbuhan badan dan perkembangan mental anak sampai dewasa terhambat. Penyebab kekurangan gizi pada anak dimulai dari berat badan lahir yang dipengaruhi oleh anemia dalam kehamilan. Prevalensi gizi kurang di Desa Kota Alam pada tahun 2011 yaitu 9% dan prevalensi gizi buruk yaitu 6%, gizi lebih yaitu 8% (Dinkes Lampung Utara, 2012).
Tujuan penelitian ini untuk diketahui hubungan antara anemia pada ibu hamil dengan status gizi anak usia 1-3 tahun Di Desa Kota Alam Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten  Lampung Utara tahun 2012.
Desain penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan crossectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 1-3 tahun yang ada di desa Kota alam Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara berjumlah 112 orang dan jumlah sampel sebanyak 88 orang. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan pengukuran  (BB/TB) dan study dokumentasi (buku KIA). Alat ukur yang digunakan dengan timbangan dan checklist. Analisis yang digunakan adalah analisa univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan analisa bivariat dilakukan menggunakan rumus chi-square.
Hasil penelitian ini diperoleh proporsi anemia pada ibu hamil yaitu 39 responden (44,3%) mengalami anemia. Proporsi status gizi batita yaitu 28 responden (31,8%) responden dengan status gizi buruk (gizi kurang dan gizi lebih). Hasil uji statistik diperoleh  nilai p value 0.001. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara anemia ibu hamil dengan status gizi balita. Adapun upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan promosi kesehatan dengan penyuluhan kesehatan tentang anemia ibu hamil, Fe, PMT bumil, penimbangan batita setiap bulan, PMT batita  sehingga kasus gizi buruk dapat berkurang.

Kata Kunci       :  Status gizi balita, anemia ibu hamil. 
Daftar bacaan   : 19 (2002-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page