Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Aborsi Di SMK


Data WHO menyebutkan bahwa 45 juta lebih aborsi terjadi setiap tahun di seluruh dunia, di Indonesia berkisar 2-2,6 juta kasus pertahun, atau 43 aborsi untuk setiap 100 kehamilan, dan sekitar 30% di antara kasus aborsi itu dilakukan oleh remaja. Banyaknya remaja melakukan aborsi disebabkan karena ketidaktahuan atau minimnya pengetahuan dan sikap remaja, sehingga remaja lebih memilih untuk melakukan aborsi sebagai jalan mengatasi masalahnya. Di SMA N 1 Seputih Surabaya pada tahun  2010 – 2011 diperoleh data pihak sekolah telah mengeluarkan 5 orang siswa karena hamil dan salah satunya melakukan aborsi.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap remaja tentang aborsi di SMK N 1 Seputih Surabaya Lampung Tengah Tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriftif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Seputih Surabaya sejumlah 280 orang siswa, dan sampel diambil menggunakan tehnik purposive sampling, dengan jumlah 165 responden yang dipilih dengan menggunakan tehnik simple random sampling dengan cara diundi. Cara ukur yang digunakan dengan lembar kuisioner yang dianalisa dengan tabel persentase.
Hasil pengolahan data bahwa pengetahuan remaja tentang aborsi di SMK N I Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah sebagian besar dengan pengetahuan yang baik yaitu 72,73% dan sikap remaja terhadap aborsi sebagian besar dengan sikap tidak mendukung yaitu 51,52%.
Kesimpulan penelitian bahwa pengetahuan dan sikap remaja tentang aborsi dengan pengetahuan yang baik dan sikap tidak mendukung. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu upaya sosialisasi dan himbauan kepada para siswa mengenai aborsi dengan berkerjasama dengan pihak terkait seperti dinas kesehatan dan BKKBN untuk mengadakan konseling pada remaja tentang aborsi serta dengan memasukkan materi tentang larangan dari aborsi kedalam mata pelajaran agama diajarkan di sekolah

Kata Kunci : Aborsi, pengetahuan, sikap
Daftar Bacaan : 19 (1998-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page