Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi 0-6 Bulan


Pemberian MP-ASI 0-6 bulan dapat meyebabkan peningkatan  risiko untuk terjadinya diare sebesar 30 % dan 42% penyebab kematian balita di dunia. Puskesmas Simbarwaringin cakupan ASI Eksklusif terendah yakni 43,9% dan dari 243 bayi yang ada 62 % diantaranya sudah diberikan MP-ASI sebelum usia bayi 6 bulan.  Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemberian MP ASI adalah pekerjaan ibu, kurangnya dukungan suami, kurangnya dukungan dari petugas kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI  0-6 bulan di Puskesmas Simbarwaringin Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi  0-6 bulan yang berjumlah 243 orang, dan sampel berjumlah 152 ibu yang diambil dengan tehnik simple random sampling dengan cara mengundi secara acak. Alat pengumpulan data dipergunakan kuisioner yang dianalisa secara univariat dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian diperoleh dari 152 responden bahwa proporsi pemberian MP-ASI 0-6 bulan sebesar 51,97%, ibu bekerja sebesar 53,29%, dukungan keluarga suami sebesar 41,45%, dukungan petugas kesehatan sebesar 16,45%. Hasil uji chi square hubungan ibu bekerja dengan pemberian MP-ASI nilai p: 0,016, dukungan keluarga/suami dengan pemberian MP-ASI nilai p: 0,001 dan peran petugas kesehatan dengan pemberian MP-ASI nilai p: 0,509.
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara ibu berkerja, dukungan suami/keluarga dan tidak ada hubungan antara dukung petugas kesehatan  dengan pemberian MP-ASI  0-6 bulan di Puskesmas Simbarwaringin Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu meningkatkan promosi kesehatan kepada para ibu menyusui, mengajarkan cara pemberian ASI pada ibu bekerja serta melibatkan anggota keluarga lainnya mengenai manfaat dari ASI eksklusif serta tenaga kesehatan untuk mempromosikan pemberian ASI eksklusif.

Kata Kunci : MP ASI, ibu bekerja, dukungan suami/keluarga, dukungan petugas kesehatan
Daftar Bacaan : 26 (2002-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page