Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Kebutuhan Nutrisi

Tingginya kematian ibu adalah karena masih tingginya prevalensi anemia gizi pada ibu hamil di Indonesia yaitu 70% atau 7 dari 10 wanita hamil menderita anemia gizi (Purwanto, 2005). Tingkat pengetahuan, pendidikan, ekonomi, faktor sosial budaya dan sumber informasi mengenai kehamilan juga dapat mempengaruhi ibu mengenai kebutuhan yang dialami ibu pada saat hamil (Hapsari, 2003). Berdasarkan hasil dari pra survey 15 orang ibu hamil ada 5 orang (33,3%) ibu hamil berpengetahuan baik, sedangkan 10 orang (66,7%) ibu hamil berpengetahuan tidak baik mengenai kebutuhan nutrisi (Desa Sukadana Ilir, 2009).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi di Desa Sukadana Ilir Kabupaten Lampung Timur.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil  dari bulan Januari s/d November tahun 2009 yang ada di desa Sukadana Ilir Kabupaten Lampung Timur sebanyak 120 orang ibu hamil, sedangkan sampelnya adalah 80 orang berdasarkan tabel krejie menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data dengan kuesioner diolah menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi.
  Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi dengan kategori baik sebanyak 43 orang (53,75%), cukup yaitu 31 orang (38,75%), kurang baik sebanyak 5 orang (6,25%) dan yang tidak baik sebanyak 1 orang (1,25%). Hasil analisa secara keseluruhan pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 75,16%%. Sikap ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi memiliki sikap mendukung (positif) yaitu 46 orang (57,5%) dan yang tidak mendukung (negatif) yaitu 34 orang (42,5%). Hasil analisa keseluruhan sikap ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi memiliki sikap mendukung (positif) yaitu 46 orang  (57,5%).
Kesimpulan penelitian di dapat bahwa pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi secara sebagian besar termasuk dalam ketegori cukup dan sikap ibu hamil tentang kebutuhan nutrisi sebagian besar termasuk dalam katagori mendukung (positif). Diharapkan kepada tenaga kesehatan agar dapat meningkatkan penyuluhan kesehatan dan upaya promosi kesehatan.

Kata kunci    : pengetahuan, sikap, kebutuhan nutrisi
Daftar bacaan  : 19 (2000-2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Fans Page