Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Penatalaksanaan 1 Jam Pertama Bayi Baru Lahir Normal

Dampak dari tidak terlaksananya penatalaksanaan 1 jam setelah bayi baru lahir adalah resiko terjadinya perdarahan pada daerah intra cranial, tertularnya bayi dengan penyakit infeksi seperti penyakit gonoroe dan klamidia, terjadinya kerusakan otak, keterlambatan tumbuh kembang bayi, serta dapat menyebabkan bayi hipotermia. Kurang baiknya penanganan bayi baru lahir pada satu jam pertama akan menyebabkan kelaianan-kelainan yang dapat mengakibatkan cacat seumur hidup, bahkan kematian (www.foxitsoftware.com, 2009). Berdasarkan data persalinan yang ada di wilayah puskesmas Raman Utara dari bulan Januari s/d Agustus tahun 2009, didapatkan 523 persalinan, hanya 124 bayi (23,70%) diberikan suntikan vitamin K1, profilaksis tetes mata diberikan oleh 221 bayi (42,25%), dan imunisasi hepatitis B sebelum bayi berusia 7 hari diberikan pada 325 bayi (69,21%) (Laporan Bulanan Puskesmas Raman Utara, 2009).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penatalaksanaan 1 jam pertama bayi baru lahir normal di puskesmas Raman Utara Kabupaten Lampung Timur
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini semua bidan yang berada di wilayah Puskesmas Raman Utara yaitu sebanyak 14 orang bidan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh total populasi atau sampel jenuh. Pengambilan data dengan kuesioner diolah menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian didapatkan bahwa penatalaksanaan 1 jam pertama bayi baru lahir berdasarkan penimbangan bayi dilakukan tidak sesuai dengan standar yaitu sebanyak 12 orang (85,72%), pemberian profilaksis tetes mata dilakukan tidak sesuai dengan standar, yaitu sebanyak 13 orang (92,86%), pemberian injeksi vitamin K sebagian besar tidak dilakukan yaitu sebanyak 8 orang (57,15%), dan pemberian hepatitis B dilakukan tidak sesuai dengan standar yaitu sebanyak 13 orang (82,86%).
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan terhadap 14 orang bidan tentang penatalaksanaan 1 jam pertama bayi baru lahir normal secara keseluruhan sudah dilakukan tapi tidak sesuai dengan standar. Diharapkan bidan mampu melaksanakan dan mempertahankan dalam pelaksanaan langkah-langkah penatalaksanaan 1 jam pertama bayi baru lahir normal lebih baik lagi.

Kata kunci    : Penatalaksanaan, 1 Jam Bayi Baru Lahir Normal
Daftar bacaan  : 21 (1992-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page