Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Pelaksanaan Imunisasi Campak

Imunisasi merupakan suatu cara yang efektif untuk memberikan kekebalan khusus terhadap seseorang yang sehat, dengan tujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, salah satunya penyakit campak yang sering menyerang anak di bawah usia 5 tahun. Pemberian imunisasi campak bertujuan untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit campak. Kekebalan yang diperoleh pada pemberian imunisasi campak sekitar 96-99%. Kelalaian untuk memberikan imunisasi campak pada balita telah mengakibatkan lebih dari 15.000 anak Indonesia teserang campak. Selain itu, campak berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah. Hasil prasurvei yang didapat peneliti di Puskesmas Iringmulyo dari bulan Januari sampai Maret tahun 2008 sebanyak 8 kasus dari balita yang telah mendapatkan imunisasi campak.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang pelaksanaan imunisasi campak, dengan diketahuinya persiapan alat, tehnik penyuntikan dan hasil evaluasi setelah penyuntikan.
Subjek penelitian ini adalah petugas Posyandu Kelurahan Iringmulyo Wilayah Kerja Puskesmas Iringmulyo sebanyak 5 orang, sedangkan objek penelitian adalah pelaksanaan imunisasi campak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen check list dari hasil observasi yang dilakukan penulis. Pengukuran variabel dengan skala nominal menghasilkan data tentang pelaksanaan imunisasi campak oleh petugas Posyandu.
Hasil penelitian diperoleh bahwa : persiapan penyuntikan, secara umum telah memenuhi standar 80%, tehnik penyuntikan dilaksanakan dengan baik 100%. Evaluasi penyuntikan telah memenuhi standar 80%.
Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan imunisasi campak di Posyandu Kelurahan Iringmulyo Wilayah Kerja Puskesmas Iringmulyo Tahun 2008 yang dilaksanakan 5 orang petugas telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai standar.

Kata Kunci : Pelaksanaan Imunisasi, Campak, Posyandu.

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page