Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Yang Menyapih Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Usia penyapihan bayi sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang bayi untuk lebih optimal dan pada saat menyusui dapat dibentuk pemenuhan kebutuhan psikilogis, sehingga menyusui dapat diteruskan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik ibu yang menyapih bayi di bawah usia 1 tahun berdasarkan tingkat pendidikan, ibu bekerja, dan dukungan keluarga.
Subyek penelitian ini adalah ibu yang menyapih bayi di bawah usia 1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kalirejo. Besarnya sampel penelitian adalah 30 ibu yang menyapih di bawah usia 1 tahun.
Pengambilan sampel adalah seluruh populasi yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Pengumpulan data dengan metode kuesioner data diolah dan dianalisa dengan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian yang menyapih bayi di bawah usia satu tahun ditemukan 66,7% responden dengan pendidikan dasar, hal ini berpengaruh pada kemampuan untuk menerima informasi yang diterima ibu, selanjutnya ada 43,3% responden yang bekerja sebagai pedagang hal ini berpengaruh pada waktu untuk menyusui kurang dan lebih berpeluang untuk memberikan susu formula dan faktor dukungan keluarga sebanyak 90% responden pengambilan keputusan dalam keluarga adalah ayah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik ibu yang menyapih bayi di bawah usia 1 tahun di Kampung Kalirejo  wilayah kerja Puskesmas Kalirejo disebabkan oleh faktor tingkat pendidikan, ibu bekerja dan dukungan keluarga.

Kata Kunci : Karakteristik Ibu, menyapih bayi

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page