Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Menyusui Yang Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Pada Bayi Usia 0-6 Bulan

ASI merupakan makanan alamiah yang pertama dan paling utama bagi bayi yang lahir, karena ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi akan energy dan gizi bahkan selama 4-6 bulan pertama kehidupannya. Namun hanya 14% ibu di tanah air yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sampai 6 bulan. Tingkat pendidikan ibu yang rendah, wawasan dan pengetahuan yang terbatas serta sosial budaya ibu merupakan beberapa faktor yang mendukung timbulnya anggapan bahwa ASI saja tidak cukup sebagai makanan bayi. Akibatnya para ibu memberikan aneka bentuk cairan sebagai makanan pendamping ASI sebelum waktunya. Pemberian makanan pendamping ASI terlalu dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman yang mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Untuk propinsi Lampung cakupan ASI eksklusif tahun 2007 masih rendah yaitu 41,8%. Dan untuk Kabupaten Lampung Timur cakupan ASI ekslusif tahun 2007 yaitu 41,40% dan tahun 2008 yaitu 44,24%. Sedangkan untuk desa Sukaraja Nuban dari 90 bayi yang ada, 54 bayi telah mendapat makanan pendamping ASI sebelum 6 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gmbaran karakteristik ibu menyusui yang memberikan Makanan Pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan di desa Sukaraja Nuban Lampung Timur berdasarkan pengetahuan, pendidikan, sosial budaya.
Penelitian ini merupakan penelitian dskriptif dengan populasi semua ibu mennyusui yang mempunyai bayi 0-6 bulan yang telah memberikan Makanan Pendamping ASI di desa Sukaraja Nuban Lampung Timur yang berjumlah 54 ibu. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu 54 ibu. Data diambil dengan menggunnakan kuesioner dengan cara memberikan angket. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dan diolah dengan analisis univariat.
Hasil penelitian yang didapat dari karakteristik ibu menyusui yang memberikan Makanan Pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan di desa Sukaraja Nuban Lampung Timur adalah ibu dengan pengetahuan cukup baik yaitu 46,30%,  ibu dengan pendidikan dasar yaitu 57,41% dan karakteristik ibu menyusui yang memberikan makanan pendamping ASI tidak berdasarkan sosial budaya yaitu 85,19%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik ibu menyusui yang memberikan Makanan Pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan di desa Sukaraja Nuban Lampung Timur yaitu sebagian besar ibu dengan pengetahuan cukup baik, terbesar dengan pendidikan dasar dan karakteristik ibu menyusui yang memberikan makanan pendamping ASI tidak berdasarkan sosial budaya. Dengan demikian diharapkan kepada tenega kesehatan khususnya yang ada di desa Sukaraja Nuban agar dapat lebih meningkatkan kegiatan yang ada di posyandu khususnya memberikan penyuluhan pada ibu menyusui tentang manfaat ASI eksklusif dan dampak pemberian Makanan Pendamping ASI sebelum waktunya.

Kata Kunci    :karakteristik, ibu, makanan pendamping ASI
Daftar Bacaan    :25 (2000-2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page