Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Hamil Yang Mengalami Perdarahan Antepartum Pada Kehamilan Trimester III

Angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 228/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2007. Perdarahan menempati urutan tertinggi penyebab kematian ibu di Indonesia yaitu mencapai 28%. Salah satu penyebab perdarahan adalah perdarahan antepartum dengan klasifikasi terbesar kejadian plasenta previa dan solusio plasenta. Di Ruang Bersalin RSUD A. Yani Kota Metro tahun 2008, terdapat 46 orang ibu hamil yang mengalami perdarahan antepartum dari 865 pasien yang di rawat .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ibu hamil yang mengalami perdarahan antepartum pada kehamilan trimester III di Ruang Bersalin RSUD A. Yani Kota Metro.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan pendekatan studi dokumentasi, besar sampel sebanyak 46 responden yang mengalami perdarahan antepartum di Ruang Bersalin RSUD A. Yani Kota Metro yang diambil sesuai dengan jumlah kasus yang ada (sampel jenuh), dengan melihat kasus yang terjadi pada tahun 2008 melalui register pasien tahun 2008. Alat ukur berupa checklist yang digunakan untuk pengumpulan data, pengolahan dan penyajian data dengan hasil akhir persentase. Penyajian data disajikan dalam bentuk diagram pie.
Hasil penelitian memperlihatkan karakteristik ibu hamil trimester III yang mengalami perdarahan antepartum berdasarkan umur menunjukkan bahwa ibu yang berumur >30 tahun sebanyak 54,35%. Karakteristik ibu hamil trimester III yang mengalami perdarahan antepartum berdasarkan paritas menunjukkan bahwa ibu dengan paritas 2-4 (multipara) sebanyak 63,05%. Karakteristik ibu hamil trimester III yang mengalami perdarahan antepartum berdasarkan pendidikan menunjukkan bahwa ibu dengan pendidikan dasar (SD, SMP atau sederajat) sebanyak 63,05%. Karakteristik ibu hamil trimester III yang mengalami perdarahan antepartum berdasarkan pekerjaan menunjukkan bahwa ibu dengan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebanyak 56,52%.
Kesimpulan dari penelitian tentang karakteristik ibu hamil trimester III yang mengalami perdarahan antepartum adalah sebagian besar ibu berusia >30 tahun, lebih dari sebagian ibu dengan paritas 2-4 (multipara), hampir sebagian ibu ber-pendidikan dasar (SD, SMP atau sederajat), dan hampir sebagian ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Kata kunci        :  Karakteristik, Ibu Hamil, Perdarahan Antepartum
Daftar bacaan        :  33 (1998 – 2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page