Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Hamil Dengan Anemia di Puskesmas

Penyebab utama angka kematian ibu hamil adalah perdarahan yang terjadi selama persalinan, dimana perdarahan ini sebagian besar karena kondisi ibu yang menderita anemia selama kehamilan. Anemia dalam kehamilan juga dapat menyebabkan BBLR. Anemia saat kehamilan adalah apabila kadar hemoglobin dalam darahnya kurang dari 11 gr% yang biasanya disebabkan karena defisiensi zat besi. Volume darah ibu dalam kehamilan bertambah secara fisiologis yang menyebabkan terjadinya pengenceran darah akibat penambahan plasma dalam darah yang disebut hidremia, sehingga menimbulkan penurunan kadar hemoglobin. Ibu hamil yang menderita anemia gizi besi di Kabupaten Lampung Timur tahun 2007 sebanyak 72,3%, dan terdapat 32 kasus BBLR (39,5%) dari 81 kasus kematian neonatal yang dicatat dan dilaporkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di Puskesmas Batanghari ada 11 orang ibu hamil menderita anemia (78,57%) dari 14 orang ibu hamil yang dilakukan pemeriksaan Hb.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu hamil dengan anemia di Puskesmas Batanghari Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Subjek penelitian ini adalah karakteristik ibu hamil dengan anemia. Objek penelitian ini adalah ibu hamil dengan anemia yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Batanghari Lampung Timur.
Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan tentang karakteristik ibu hamil dengan anemia di Puskesmas Batanghari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik aksidental (accidental) dengan menggunakan kuesioner dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat yang menghasilkan distribusi dengan persentase dari setiap sub variabel yang diteliti. Besarnya sampel adalah 17 orang ibu hamil dengan anemia.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik ibu hamil dengan anemia yang didapatkan dari 17 orang ibu hamil dengan anemia yaitu berdasarkan dengan tingkat pendidikan yang terbanyak adalah tingkat pendidikan dasar (82,35%). Berdasarkan tingkat ekonomi yang terbanyak adalah ibu dengan tingkat ekonomi kurang (41,18%) dan berdasarkan pola konsumsi yang terbanyak adalah kategori pola konsumsi kurang (47,06%).

Kata Kunci :    Karakteristik Ibu Hamil, Anemia. 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page