Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Hamil Dengan Anemia

Setiap saat wanita normal akan mengalami kehamilan, yang dapat terjadi secara normal dan berpeluang terjadi komplikasi yang membahayakan wanita dalam kehidupannya. Salah satu komplikasi kehamilan yaitu anemia. Frekuensi kejadian anemia seluruh dunia masih cukup tinggi berkisar 10-20% dan angka kejadian anemia di Desa Trimulyo masih tinggi yaitu 70%. Kondisi ini dimungkinkan pada masa kehamilan terjadi peristiwa hemodelusi khususnya pada trimester II dan trimester III pada kehamilan yaitu terjadinya pengikatan kadar plasma dalam darah yang tidak dibarengi dengan pengikatan hemoglobin sehingga menyebabkan terjadinya anemia pada ibu hamil. Bila kondisi ini terus berlanjut dapat menyebabkan atau menjadi pemicu komplikasi pada kehamilan maupun persalinan yang dapat mengancam jiwa ibu dan bayinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dengan anemia dilihat dari usia, pendidikan dan paritas. Penelitian dilaksanakan di Desa Trimulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2010.
Penelitian ini bersifat deskriptif, subjek penelitian ini adalah ibu hamil yang mengalami anemia di Desa Trimulyo. Objek penelitian yaitu karakteristik ibu hamil dengan anemia dilihat dari usia, paritas dan tingkat pendidikan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dan Pemeriksaan Hb menggunakan metode sahli. Analisis data menggunakan analisis univariat yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi.
Hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik ibu hamil dengan anemia berdasarkan usia lebih banyak pada usia > 30 tahun atau 47,62%, berdasarkan paritas yang terbanyak pada paritas > 2 yaitu 57,14%, dan berdasarkan tingkat pendidikan yang terbanyak pada ibu yang berpendidikan dasar (SD-SMP) yaitu 52,38%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu karakteristik ibu hamil dengan anemia yang berusia < 20 tahun, usia > 30 tahun, paritas > 2 dan ibu yang berpendidikan dasar. 

Kata kunci     : Ibu Hamil, Anemia
Daftar Bacaan     : 19 (1996 – 2009) 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page