Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Ibu Bersalin Yang Mengalami Komplikasi Persalinan

Di  Puskesmas Labuhan Maringgai  ditemukan kasus komplikasi persalinan oleh bidan sebanyak 79  kasus(Profil Kesehatan, Puskesmas Labuhan Maringgai 2008). Adanya angka kematian ibu dan bayi dapat disebabkan karena adanya komplikasi pada saat persalinan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah kasus persalinan dari tahun 2008 ke tahun 2009. pada tahun 2008 periode januari – desember sebanyak 79 kasus  sedangkan tahun 2009 periode januari – agustus sebanyak 65 kasus
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Karakteristik Ibu Bersalin Yang Mengalami Komplikasi Persalinan, subjek penelitian yang diteliti adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami komplikasi.Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah karakteristik ibu bersalin antara lain : usia ibu, paritas, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, status ANC, jarak kehamilan, riwayat persalinan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, sedangkan populasinya adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami komplikasi persalinan sebanyak 79 orang, sampelnya adalah total populasi sebanyak 79 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan alat ukur kuesioner, sedangkan analisis data di lakukan secara univariat menggunakan distribusi frekwensi.
Hasil penelitian terhadap karakteristik ibu bersalin yang mengalami komplikasi pada tahun 2008 adalah perdarahan sebanyak 29,3% pendidikan ibu sebagian besar adalah SMP (37,97%). Pekerjaan ibu rumah tangga (50,63%), status ANC < 4 kali (54,43%). Jarak kehamilan terdapat pada kehamilan pertama (48,10%). Dan riwayat persalinan pada persalinan pertama 48,10%.
Jadi dapat di simpulkan bahwa masih besarnya angka kejadian komplikasi berdasarkan karakteristik ibu yang bersalin, Untuk itu disarankan pada Puskesmas Labuhan Maringgai agar dapat meningkatkan pelayanan kebidanan khususnya deteksi dini ibu bersalin dengan komplikasi persalinan sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Kata Kunci         : Ibu bersalin,  Komplikasi Persalinan
Daftar Bacaan     : 30 (2002 – 2007). 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page