Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Bayi Baru Lahir Postdate

Salah satu yang dapat meningkatnya resiko kematian pada bayi disebabkan karena persalinan postdate. Pengaruh persalinan postdate pada janin bervariasi diantaranya adalah asfiksia pada bayi, berat badan janin bertambah besar, dan bisa menyebabkan kematian janin. Angka kematian bayi yang terjadi di Lampung Pada Tahun 2006 sebesar 28,5%, sedangkan pada tahun 2007 di Kota Metro terdapat kematian bayi sebanyak 0,97% dan menurut data prasurvey di ruang bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro Tahun 2007, kejadian bayi baru lahir postdate berjumlah 91,77% dari 842 persalinan dan penyebab pasti kehamilan lewat waktu sampai saat ini belum diketahui. Diduga penyebabnya adalah siklus haid yang yang tidak diketahui dengan pasti, kelainan pada janin (anencephalus, kelenjar adrenal janin yang fungsinya kurang baik, kelainan pertumbuhan tulang janin/osteogenesis imperfecta atau kekurangan enzim sulfatase plasenta).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bayi baru lahir postdate dengan asfiksia, bayi lahir besar, kematian janin di ruang bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2008. Subjek dalam penelitian ini adalah bayi baru lahir postdate dan objek penelitian ini adalah karakteristik bayi baru lahir postdate.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, dimana populasi penelitian berjumlah 63 bayi baru lahir postdate dan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan diruang kebidanan RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro dengan variabel dalam penelitian ini adalah ibu dengan persalinan postdate. Instrument dalam penelitian ini adalah check list dan teknik pengumpulan dengan menggunakan studi dokumentasi dan dengan analisis univariat.
Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah karakteristik bayi baru lahir postdate terbanyak dengan asfiksia sedang yaitu sebesar 44,4%, karakteristik bayi lahir besar dengan berat badan bayi > 4000 gram sebesar 31,7% dan karakteristik kematian bayi dalam kandungan sebesar 17,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah karakteristik bayi baru lahir postdate diruang bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro yang terbanyak adalah bayi baru lahir dengan asfiksia sedang, bayi baru lahir dengan berat badan bayi 2500-4000 gram dan bayi lahir hidup.

Kata Kunci : Bayi Lahir Postdate

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page