Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Anak Balita dengan Pneumonia

Pneumonia adalah salah satu penyakit infeksi paru-paru yang banyak menyerang bayi dan anak balita disebabkan oleh Bacterium Streptococcus Pneumonia. Ada banyak penyebab pneumonia, meliputi bacteria, virus dan patogen. Ketika Streptococcus Pneumonia menyerang paru-paru, sistem kekebalan tubuh  bereaksi, menghasilkan respon peradangan. Sel darah putih, cairan dan serpihan sel kemudian mengisi ruang udara dari saluran rongga pernafasan bagian bawah yang menyebabkan sejumlah gejala fisik seperti batuk, demam dan kesulitan bernafas. Berdasarkan laporan program P2 ISPA DINKES Kota Metro Tahun 2006, total penderita pneumonia ringan dan pneumonia berat berjumlah 105 balita, angka kejadian tahun 2005 sebanyak 98 balita. Berarti dari tahun 2005 sampai 2006 angka kejadian pneumonia di Kota Metro meningkat sebanyak 7,14%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik anak balita dengan pneumonia di RSUD Ahmad Yani Metro. Subyek penelitian ini meliputi karakteristik umur, pemberian ASI Eksklusif, status gizi menurut standar Harvard dan kelengkapan imunisasi campak dan DPT. Obyek penelitian ini adalah anak balita dengan pneumonia.
Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriftif yaitu menggambarkan tentang karakteristik balita dengan peneumonia RSUD A. Yani Metro. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik aksidental (accidental) dengan menggunakan angket dengan alternatif jawaban berjumlah 4 pertanyaan dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat yang menghasilkan distribusi dengan persentase dari setiap sub variabel yang diteliti. Besarnya sampel adalah 12 orang anak balita.
Hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa karakteristik anak balita dan pneumonia yang didapatkan dari 12 balita yaitu berdasarkan usia seluruhnya antara 2 bulan sampai 5 tahun (100%). Berdasarkan pemberian ASI eksklusif yang terbanyak mendapatkan ASI dan PASI (58,33%). Berdasarkan status gizi yang terbanyak adalah status gizi kurang (50%) dan berdasarkan imunisasi yang terbanyak telah mendapatkan imunisasi campak dan DPT (75%).

Kata Kunci : Karakteristik, anak balita, pneumonia

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page