Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pelayanan Kesehatan Terhadap Pemanfaatannya Dalam Bersalin

Visi dari Strategi Nasional Making Pregnancy Safer di Indonesia yaitu kehamilan dan persalinan berlangsung aman dan bayi yang dilahirkan dapat hidup sehat. Pelayanan kesehatan yang merupakan target dari strategi tersebut adalah meningkatkan cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan terampil menjadi 85%. Menurut survey Demografi Indonesia tahun 1997 sebanyak 54% ibu bersalin belum memanfaatkan pelayanan kesehatan. Sedangkan di Lampung Tengah masih terdapat 33,07%. Di desa Terbanggi Ilir kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah hanya sekitar 43,75% ibu yang memanfaatkan pelayanan kesehatan.
Tujuan dari penelitian adakah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pelayanan kesehatan terhadap pemanfaatannya dalam bersalin di desa Terbanggi ilir kecamatan Bandar Mataram kabupaten Lampung Tengah.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah analitik dengan populasi ibu bersalin di desa Terbanggi Ilir dari bulan Januari sampai dengan Desember 2007 yang berjumlah 50 orang dan keseluruhan populasi tersebut dijadikan sampel. Pengumpulan data dengan kuisioner dan melalui beberapa tahapan yaitu editing, coding, dan tabulating kemudian dianalisa secara univariat dan bivariat untuk mengetahui hubungan tersebut dengan menggunakan rumus Chi Square (χ²).
Hasil dari penelitian didapatkan hasil univariat yaitu pengetahuan ibu tentang pelayanan kesehatan adalah (Arikunto,1998) kategori cukup yaitu 71,12% dan pemanfaatan pelayanan kesehatan dalam bersalin adalah kategori kurang (48%). Hasil bivariat didapatkan dengan rumus Chi Square ternyata harga Chi Square hitung > Chi Square tabel (18,42 > 5,591).
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang pelayanan kesehatan terhadap pemanfaatannya dalam bersalin di desa Terbanggi Ilir kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah.

Kata kunci  :  Pengetahuan, pelayanan, kesehatan, bersalin

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page