Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Program Kesehatan Ibu dan Anak

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia bila dibandingkan dengan AKI, di Negara ASEAN lainnya masih cukup tinggi, menurut (SDKI) 2002-2003, AKI, di Indonesia adalah 307/100.000 kelahiran hidup AKI di Propinsi Lampung dalam kurun waktu tiga tahun (2001-2003) tercatat sebanyak 321 kasus. Kasus kematian ibu di Lampung Tengah (laporan evaluasi Dinas Kesehatan Lampung Tengah tahun 2006) sejumlah 16 kasus kematian. Program kesehatan ibu dan anak (KIA) merupakan salah satu program yang dilaksanakan di Puskesmas yang bertujuan menurunkan AKI dan AKB. Pemantapan pelayanan antenatal, peningkatan pertolongan persalinan, peningkatan deteksi dini resiko tinggi/komplikasi kebidanan, peningkatan penanganan komplikasi kebidanan, peningkatan pelayanan neonatal dan ibu nifas dengan mutu sesuai standar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari program KIA yang ada di Puskesmas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Subyek dalam penelitian ini adalah Program KIA tahun 2006.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah Program KIA tahun 2006 yang ada di Puskesmas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah yaitu sejumlah enam variable antara lain K1, K4, deteksi resti, pertolongan persalinan, Kunjungan Neonatus (KN) dan Kunjungan Ibu Nifas (KF). Pengambilan data menggunakan studi dokumentasi dengan alat ukur ceklis. Skala yang digunakan adalah skala ordinal, analisis yang digunakan adalah analisis univariat yang disajikan dalam bentuk table distribusi frekuensi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pencapaian target K1 (70%), K4 (75%), deteksi Resti (25,60%), pertolongan persalinan (60,11%), Kunjungan Neonatus (70,57%) dan Kunjungan Ibu Nifas (60,11%).
Kesimpulan penelitian menunjukkan pencapaian target Program KIA di Puskesmas Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah tahun 2006 secara keseluruhan rata-rata pencapaian target program KIA adalah 60,23%
(Kategori Cukup).

Kata Kunci : Program Kesehatan Ibu dan Anak

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page