Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Pola Makan Ibu Hamil

Pola makan sangat berpengaruh terhadap pemenuhan gizi ibu hamil sehingga pola makan yang buruk akan berdampak pada kesehatan ibu dan janinnya. Salah satu dampak yang paling sering terjadi yaitu anemia pada ibu hamil. Prevalensi anemia akibat kekurangan asupan zat bergizi ke dalam tubuh gizi di Indonesia saat ini mencapai 70%, sedangkan di Lampung sendiri prevalensi anemia sebesar 69,7%. Menurut data pra survey di BPS Dwi Sri Isnawati Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dari bulan Januari-Maret 2008 terdapat 17 orang (47,2%) dari 36 ibu hamil yang mengalami anemia dan dari 10 ibu hamil terdapat 3 orang (30%) yang mengalami kenaikan berat badan tidak sesuai dengan standar Body Mass Index (BMI).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pola makan ibu hamil yang meliputi jenis, jumlah dan frekuensi makan yang dikonsumsi ibu hamil di BPS Dwi Sri Isnawati Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Dwi Sri Isnawati. Objek penelitian ini adalah gambaran pola makan ibu hamil.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasinya adalah seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Dwi Sri Isnawati pada bulan Juni 2008 berjumlah 38 ibu hamil, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel secara aksidental. Instrumen dalam penelitian ini berupa check list, dengan metode wawancara, selanjutnya data dianalisa dengan analisis univariat yang dilakukan terhadap tiap variabel dengan hasil penelitian berupa distribusi dan persentase dari tiap variabel
Hasil penelitian gambaran pola makan ibu hamil ditemukan sebagian besar ibu hamil telah mengkonsumsi jenis makanan dengan kategori cukup dengan persentase 61,8%. Selanjutnya pada jumlah makanan didapatkan presentase sebesar 64,5% yang berarti sebagian besar ibu hamil telah mengkonsumsi dengan kategori cukup. Frekuensi makan didapatkan presentase sebesar 67,3% yang berarti sebagian besar ibu hamil telah mengkonsumsi dengan kategori cukup.
Kesimpulan dari hasil penelitian gambaran pola makan ibu hamil yaitu sebagian besar ibu hamil memiliki pola makan yang mencukupi kebutuhan.

Kata Kunci : Berat Badan, Ibu Hamil, Pola Makan

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page