Ads 468x60px

02 Januari, 2013

. Gambaran Perilaku Ibu Menyusui Tentang Pemberian ASI Pada Satu Hari Pertama

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada usia 0-1 tahun mempunyai arti yang penting, terutama pemenuhan gizi dan zat-zat pembentuk kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Bayi yang diberi ASI, terlindungi dari penyakit, terlindungi dari reaksi alergi, asma, eksem dan lain-lain, dapat mencegah infeksi dan perdarahan pada bayi baru lahir. Pemberian ASI di Indonesia masih rendah, terutama pemberian ASI pada satu hari pertama yang hanya 3,7%. Di RB Kasih Ibu Punggur dari 8 responden, 2 responden yang tidak diberi ASI pada hari pertama. Ini dikarenakan banyak ibu-ibu yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku ibu menyusui tentang pemberian ASI pada satu hari pertama di RB kasih Ibu Punggur Lampung Tengah, objek penelitian ini adalah perilaku ibu menyusui tentang pemberian ASI di RB Kasih Ibu Punggur, sedangkan subyeknya adalah ibu menyusui pada satu hari pertama di RB Kasih Ibu Punggur Lampung Tengah.
Penelitian ini dilakukan dengan desain deskriftif dengan pendekatan observatif, besar sampel 8 responden ibu menyusui pada satu hari pertama di RB Kasih Ibu Penggur yang diambil secara aksidental (Accidental), dengan mengambil kasus responden yang kebetulan ada atau tersedia, alat ukur pedoman observasi dengan check list yang meliputi pengumpulan data, pengolahan dan penyajian data dengan hasil akhir persentase.
Hasil penelitian memperlihatkan gambaran perilaku ibu menyusui adalah dikategorikan kurang (46,62%) dengan perincian yaitu persiapan menyusui adalah 30,36% dengan kategori kurang sekali, langkah menyusui 45% dengan kategori kurang, cara menyusui 55,88% dengan kategori kurang, lama menyusui 50% dengan kategori kurang dan teknik menyusui 37,5% dengan kategori kurang sekali.
Kesimpulan terhadap 8 responden mengenai perilaku ibu menyusui tentang pemberian ASI pada satu hari pertama di RB Kasih Ibu Punggur Lampung Tengah termasuk dalam kategori kurang baik (46,62%). Diharapkan dengan adanya penelitian ini ibu-ibu menyusui dapat mengetahui dan melakukan pemberian ASI dengan baik.

Kata Kunci : Perilaku, Ibu Menyusui, ASI

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page