Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Peran Serta Kader Dalam Kegiatan Posyandu

Posyandu merupakan kegiatan oleh dan untuk masyarakat, akan menimbulkan komitmen masyarakat, terutama para ibu, dalam menjaga kelestarian hidup serta tumbuh kembang anak. Posyandu diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat, sehingga masyarakat sendiri yang aktif membentuk, menyelenggarakan dan memanfaatkan posyandu sebaik-baiknya atau dengan kata lain peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pemanfaatan posyandu. Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Seputih Raman sebanyak 66 posyandu dengan jumlah kader 330 orang kader. Berdasarkan studi pendahuluan di peroleh data di Kampung Rama Oetama terdiri dari 6 posyandu  dengan jumlah kader 30 orang. Masing-masing posyandu memiliki 5 orang kader. Dari ke-30 orang kader posyandu tersebut, hanya 20 orang kader (66,67%) saja yang aktif dan 10 orang kader (33,33%) yang tidak aktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran serta kader dalam kegiatan posyandu di Kampung  Rama Oetama yang meliputi gambaran  peran serta karena kesadaran, gambaran peran serta karena imbalan dan gambaran peran serta karena paksaan atau perintah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kader dari 6 posyandu di Kampung Rama Oetama. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan jumlah responden 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peran serta kader dalam kegiatan posyandu di Kampung Rama Oetama. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dengan menggunakan rumus
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran peran serta kader dalam kegiatan posyandu karena kesadaran sebanyak 18 responden (60%),  peran serta kader dalam kegiatan posyandu karena imbalan sebanyak 3 responden (10%) dan peran serta kader dalam kegiatan posyandu karena paksaan atau perintah sebanyak 9 responden (30%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gambaran peran serta kader dalam kegiatan posyandu di Kampung Rama Oetama yang terbanyak adalah karena kesadaran yaitu 18 responden (60%).Peran serta karena kesadaran ini merupakan peran serta yang diinginkan.

Kata Kunci : Peran Serta, Kader, Posyandu

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page