Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Penyebab Ibu Hamil Tidak Melakukan Senam Hamil Dilihat Dari Faktor Usia, Pekerjaan, Dan Paritas

Senam hamil adalah suatu bentuk latihan guna memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot – otot dinding perut, ligament – ligament, otot dasar panggul yang berhubungan dengan proses persalinan. Kehamilan merupakan suatu proses alamiah yang menyenangkan dan didambakan untuk itu pengawasan kehamilan dan kesiapan fisik mental ibu diperlukan untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi selama menjalani proses kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di BPS Martini Dewi Kecamatan Simpang Sribawono Lampung Timur pada ibu hamil yang usia kehamilannya > 28 minggu dan tidak melakukan senam hamil didapatkan data sebagai berikut yaitu 40 ibu hamil yang tidak melakukan senam hamil.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyebab ibu hamil tidak melakukan senam hamil dilihat dari faktor usia, pekerjaan, dan paritas di BPS Martini Dewi Simpang Sribawono Lampung Timur. Subjek penelitian ini adalah seluruh jumlah ibu hamil yang tidak melakukan senam hamil, sedangkan objek penelitian ini adalah gambaran penyebab ibu hamil tidak melakukan senam hamil dilihat dari faktor usia , pekerjaan, dan paritas.
Study  penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang, sedangkan sampel ditentukan dengan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala ukur nominal. Selanjutnya data dianalisa dengan analisa univariate yang dilakukan terhadap tiap variabel dengan hasil penelitian berupa presentase dari tiap variabel.
Hasil penelitian menunjukkan dari 40 orang responden yang tidak melakukan senam hamil didapatkan hasil sebagai berikut : ibu hamil dengan usia 20 – 30 tahun 32 orang (80%). Bekerja sebagai pedagang 22 orang (55%) dan berdasarkan paritas jumlah anak yang telah dilahirkan satu orang adalah 19 orang (47,5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebab ibu hamil tidak melakukan senam hamil adalah karena faktor usia, pekerjaan, dan paritas. Diharapkan lebih ditingkatkan mengenai pelayanan  antenatal care pada ibu hamil khususnya senam hamil.

Kata Kunci    :    Gambaran Penyebab, Senam Hamil
Daftar Bacaan    :    22 (1983 – 2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page