Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Wanita Klimakterium Tentang Menopause

Menopause merupakan Suatu fase alamiah yang akan di alami oleh setiap wanita klimakterium yang biasanya terjadi pada usia 40 tahun. Ini merupakan suatu akhir fase biologis dari siklus menstruasi yang terjadi, karena penuruan produksi hormon estrogen yang dihasilkan ovarium. Seorang wanita dikatakan menopause bila siklus haidnya telah terhenti selama kurang lebih 12 bulan. Pada masa menopause  terjadi perubahan fisik dan psikis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan wanita klimakterium tentang menopause berdasarkan perubahan fisik dan psikis di Dusun III Desa Cempaka Nuban Lampung Timur.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah kuesioner dengan teknik analisa menggunakan persentase dan skala ukur ordinal. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah Wanita Klimakterium di Dusun III Desa Cempaka Nuban, jadi besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 52 responden
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara umum didapatkan bahwa pengetahuan wanita klimakterium tentang menopause termasuk kategori cukup (66,6%), sedangkan  pengetahuan wanita klimakterium tentang menopause berdasarkan perubahan fisik termasuk kategori cukup (68,6%), dan pengetahuan wanita klimakterium tentang menopause berdasarkan perubahan psikis termasuk kategori cukup (62,9%).

Kata Kunci : Pengetahuan, Wanita Klimakterium, Menopause

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page