Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Remaja Putri tentang Kamker Payudara

Kanker Payudara saat ini termasuk dalam posisi terbanyak kedua sebagai penyebab kanker di Indonesia. Menurut Yayasan Kanker Payudara Jakarta, 10 dari 10.000 penduduk Indonesia terkena kanker payudara, 70 % penderita datang kedokter atau rumah sakit pada keadaan stadium lanjut. Sejumlah studi memperlihatkan bahwa deteksi kanker payudara dan terapi dini dapat meningkatkan harapan hidup dan memberikan pilihan terapi lebih banyak pada pasien. Hasil pra survei menunjukkan pengetahuan siswi kelas 2 tentang kanker payudara, 4 orang siswi (3%) tergolong dalam kriteria  cukup dan 6 orang siswi (4%) tergolong dalam kriteria kurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang kanker payudara dilihat dari pengertian, penyebab, gejala, diagnosa, pengobatan dan pencegahan kanker payudara di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Lampung Selatan.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Lampung Selatan pada tanggal 11-12 Juni 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas 2  di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Lampung Selatan sebanyak 143 orang dan sampel yang diambil sebanyak 36 orang (25%) menggunakan teknik random sampling dan classter. Pengambilan data dengan menggunakan angket melalui kuesioner, skala yang digunakan adalah skala ordinal.
Hasil penelitian manunjukkan bahwa pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang pengertian kanker payudara termasuk dalam kategori kurang sebesar (47,22 %),
Pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang penyebab kanker payudara termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 47,22%, pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang gejala kanker payudara termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 53,47%, pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang diagnosa kanker payudara termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 63,89%, pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang pengobatan kanker payudara termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 55,56%, pengetahuan remaja putri kelas 2 tentang pencegahan kanker payudara termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 40,07%.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan remaja putri kelas 2  tentang kanker payudara di SMA Negeri 1 Gedong Tataan secara keseluruhan termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 51,67 % dengan nilai rata-rata 12,92.

Kata Kunci : Pengetahuan, Remaja Putri, Kanker Payudara

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page