Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Manajemen Laktasi Pada Periode Postnatal

Manajemen laktasi adalah tatalaksana yang dilakukan untuk menunjang keberhasilah dalam menyusui. Dalam pelaksanaannya terutama dinilai pada masa kehamilan, segera setelah persalinan dan pada masa menyusui selanjutnya. Tetapi masih banyak ditemukan masalah pada masa postpartum seperti putting susu terbernam atau datar, saluran susu tersumbat, putting susu nyeri atau putting susu lecet dan payudara bengkak. Dari data prasurvey di RSIA Mutiara Hati Gadingrejo Tanggamus menunjukan 29,7% ibu menyusui pada periode postnatal mengalami masalah dalam manajemen laktasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode postnatal di RSIA Mutiara Hati Gading Rejo Tanggamus. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dimana hasil penelitian menyajikan gambaran tentang pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode postnatal di RSIA Mutiara Hati Gading Rejo Tanggamus. Subjek penelitian ini adalah ibu bersalin normal hari pertama sampai hari ketujuh di RSIA Mutiara hati 1 sampai 11 Juni 2007. Objek penelitian adalah pelaksanaan manajemen laktasi periode postnatal di RSIA Mutiara Hati Gading Rejo Tanggamus.
Sampel penelitian adalah 20 orang respoden dengan menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan presentase dan didapatkan hasil bahwa pengetahuan ibu postpartum tentang teknik menyusui termasuk ketegori cukup yaitu sebesar 50%, pengetahuan ibu postpartum tentang perawatan payudara termasuk kategori baik yaitu sebesar 75%.
Secara keseluruhan pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode postnatal adalah baik yaitu sebesar 73,24%. Hal ini dikarenakan  banyaknya informasi yang beredar di masyarakat baik di media masa maupun elektronik.

Kata Kunci : Pengetahuan, Manajemen Laktasi Postnatal

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page