Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kunjungan Neonatal

Bayi hingga usia kurang 1 bulan merupakan golongan umur yang merupakan golongan umur yang memiliki resiko gangguan kesehatan paling tinggi. Upaya kesehatan yang dilakukan untuk mengurangi resiko tersebut antara lain dengan melakukan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan pada neonatus (0 – 28 hari) minimal dua kali yaitu satu kali pada umur 0 – 7 hari dan satu kali pada umur 8 – 28 hari. Cakupan kunjungan neonatus selama periode tahun 2000 – 2003 di Propinsi Lampung sebesar 44,07%, sedangkan target kunjungan neonatal pada tahun 2010 adalah 90%. Profil kesehatan Kabupaten Lampung Tengah menunjukkan cakupan neonatus di Rumbia masih belum mencapai target yaitu sebesar 28,61%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang kunjungan neonatal di BPS Nanik Yuliwati Rumbia Lampung Tengah.
Subyek penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Nanik Yuliwati. Obyek pada penelitian ini adalah pengetahuan tentang kunjungan neonatal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan pengetahuan ibu hamil tentang kunjungan neonatal di BPS Nanik Yuliwati Rumbia Lampung Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Nanik Yuliwati Rumbia pada bulan Januari sampai bulan April yang berjumlah 155 orang dan sampel yang diambil sebanyak 23 orang (15%) dari populasi.
Hasil penelitian yang didapat adalah tingkat pengetahuan ibu hamil dilihat dari pengertian kunjungan neonatal termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 56,5%, tingkat pengetahuan ibu hamil dilihat dari tingkat tujuan kunjungan neonatal termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 59,4%, tingkat pengetahuan ibu hamil dilihat dari manfaat kunjungan neonatal termasuk dalam kategori kurang dengan persentase 53,6%, tingkat pengetahuan ibu hamil dilihat dari pelayanan kunjungan neonatal termasuk dalam kategori kurang dengan persentase 54,8%.
Kesimpulan penelitian pengetahuan ibu hamil tentang kunjungan di BPS Nanik Yuliwati Rumbia Lampung Tengah 2007 termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 58,7%. Saran dalam penelitian ini kepada BPS agar dapat memberikan informasi tentang kunjungan neonatal dan ibu-ibu dapat lebih aktif untuk meningkatkan pengetahuan tentang kunjungan neonatal.

Kata Kunci    :    pengetahuan, ibu hamil, kunjungan neonatal

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page