Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perdarahan Antepartum

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih cukup tinggi 307 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI) tahun 2002-2003. Jumlah angka kematian ibu di Lampung pada tahun 2005 sebanyak 165 kasus, sedangkan angka kematian ibu di kota Metro pada tahun 2006 terdapat 61 kasus. (Profil Kesehatan Metro,2006). AKI di Indonesia paling banyak disebabkan oleh perdarahan, infeksi, dan eklamsi. Pada tahun 2006 di RSUD. Ahmad Yani Metro terdapat 61 kasus perdarahan antepartum, dan paling banyak disebabkan oleh plasenta previa, solusio plasenta, ruptura uteri dan abruptio plasenta.
Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian deskriptif yaitu menggambarkan pengetahuan ibu hamil tentang perdarahan antepartum di RSUD Ahmad Yani Metro pada tanggal 6-13 Juni 2007. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang perdarahan antepartum,populasi panelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami perdarahan antepartum di RSUD Ahmad Yani Metro tahun 2006, sampel penelitian adalah seluruh ibu hamil yang mengalami perdarahan antepartum yang berjumlah 4 orang ibu hamil. Teknik analisa data yang dilakukan dengan  angket dan menggunakan instrumen penelitian kuesioner.
Hasil yang diperoleh dari 4 orang ibu hamil tentang pengetahuan perdarahan antepartum berdasarkan tingkat tahu yang terbanyak masuk dalam kategori kurang sekali (75%), sedangkan hasil pengetahuan responden pada tingkat memahami yang terbanyak masuk dalam kategori kurang (75%). Kesimpulan penelitian secara umum menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang perdarahan antepartum di RSUD. Ahmad Yani Metro tahun 2007 dalam kategori kurang (75%).

Kata Kunci : Pengetahuan, ibu hamil, perdarahan antepartum

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page