Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Komplikasi Kehamilan

Kehamilan pada umumnya berkembang dengan normal, namun kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Akibat yang terjadi bila ibu tidak dapat mengenali tanda bahaya  secara dini dan upaya deteksi dini yang dilakukan ibu kurang,  maka akan terjadi komplikasi yang lebih lanjut yang akan mengakibatkan kematian ibu dan bayi. Jumlah ibu hamil yang mengalami komplikasi kehamilan di Desa Brajasakti wilayah kerja Puskesmas Way Jepara adalah 40 orang dan dari Hasil pra survey yang dilakukan pada 10 ibu hamil yang diberikan daftar pertanyaan tentang komplikasi kehamilan diperoleh hasil bahwa 7 orang diantaranya memiliki pengetahuan kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah gambaran pengetahuan ibu hamil tentang komplikasi kehamilan di Desa Brajasakti Wilayah Kerja Puskesmas Way Jepara.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pengetahuan ibu hamil tentang komplikasi kehamilan  di Desa Brajasakti Wilayah Kerja Puskesmas Way Jepara.
Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang melakukan kunjungan antenatal di Desa Brajasakti Wilayah kerja Puskesmas Way Jepara. Sampel berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik quota sampling. Data yang diambil menggunakan cara ukur berupa angket dengan alat ukur kuisioner, kemudian diolah dengan menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian didapatkan pengetahuan ibu hamil tentang komplikasi kehamilan termasuk dengan kategori baik sebanyak 1 orang (1,1%), kategori cukup sebanyak 19 orang (20,4%), kategori kurang sebanyak 55 orang (59,2%), kategori tidak baik adalah 18 orang (19,3%) dan secara keseluruhan pengetahuan ibu hamil tentang komplikasi kehamilan adalah kurang yaitu 59,2%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil termasuk dalam kategori kurang dengan presentase 59,2%. Dengan demikian diharapkan agar tenaga kesehatan yang berada di Wilayah kerja Puskesmas Way Jepara dapat lebih memberikan informasi dan penyuluhan tentang pelayanan kesehatan ibu hamil yang berkaitan dengan komplikasi kehamilan.

Kata Kunci    : Pengetahuan, ibu hamil, komplikasi kehamilan
Dafta Bacaan    : 23 (1998-2008)
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page