Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kelas Ibu

Setiap ibu hamil akan menghadapi resiko yang bisa mengancam jiwanya (Salma, 2006: 1). Oleh karena itu, Ibu hamil harus menambah pengetahuan tentang resiko yang mungkin terjadi dalam masa kehamilan. Antenatal care (ANC) secara teratur dapat meminimalkan komplikasi yang mungkin dapat terjadi dalam kehamilan.Kurang baiknya perawatan semasa kehamilan merupakan faktor penyebab timbulnya BBLR karena pemantauan tumbuh kembang ibu hamil tidak terkontrol. Cakupan K1 di propinsi Lampung cenderung berfluktuatif naik turun, sedangkan cakupan K4 cenderung meningkat setiap tahunnya. Jika dibandingkan dengan target per tahunnya, cakupan K1 dan cakupan K4 belum mencapai target. Target cakupan K4 di Lampung tahun 2007 sebesar 90%. Cakupan K4 Propinsi Lampung sebanyak 81,62%. Cakupan K4 di puskesmas Sukaraja Nuban Lampung Timur sebanyak 88,4%. Adanya kurangnya pencapaian target K4 dan kejadian BBLR diakibatkan oleh tidak tercapainya tujuan antenatal care (ANC) yaitu memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Jumlah ibu hamil yang ada di wilayah kerja puskesmas Sukaraja Nuban 323 orang ibu hamil, jumlah ibu hamil yang ikut kelas ibu berjumlah 214 orang (60%) ibu hamil yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Sukaraja Nuban. (Data Puskesmas: 2009). Jumlah ibu hamil yang tidak mengikuti kelas ibu yaitu sebanyak 109 orang (33,7%) ibu hamil dapat menyebabkan kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang perawatan kehamilan dan juga dapat menyebabkan ketidakteraturan memeriksakan kehamilan, sehingga komplikasi dalam kehamilan tidak terdeteksi dan dapat meningkatkan persalinan beresiko bahkan kematian maternal dan perinatal. Berdasarkan uraian diatas maka penulis membuat rumusan masalah penelitian ini adalah mencari gambaran pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Sukaraja Nuban Kec. Batanghari Nuban Kab. Lampung Timur tahun 2009.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Nuban Kec. Batanghari Nuban Kab. Lampung Timur.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Nuban Kec. Batanghari Nuban Kab. Lampung Timur sebanyak 323 orang. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat.
Berdasarkan hasil analisa data yang ada, peneliti melakukan pembahasan mengenai pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Sukaraja Nuban Lampung Timur menunjukkan bahwa pengetahuan tentang kelas ibu secara keseluruhan yaitu 82,8% dalam kategori baik. Akan tetapi bila dilihat dari tingkat pengetahuan ibu amil tentang kelas ibu tiap responden 5,14% dalam kategori kurang dan tidak baik.

Kata kunci    : Pengetahuan, Ibu Hamil, Kelas Ibu
Daftar Bacaan    : 17 (1994-2008)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page