Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Status Gizi Balita

Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dengan perhatian utama pada proses tumbuh kembang anak sejak pembuahan sampai mencapai dewasa muda. Pada masa tumbuh kembang ini, pemenuhan kebutuhan dasar anak seperti perawatan dan makanan bergizi diberikan dengan kasih sayang dapat  membentuk SDM yang sehat, cerdas dan produktif. Oleh karena itu, orang tua perlu menaruh perhatian pada aspek pertumbuhan anak bila ingin mengetahui keadaan gizi mereka. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan dari sekitar 5 juta anak balita (27,5%) kurang gizi, dimana 3,5 juta (19,2%) diantaranya berada pada tingkat gizi kurang dan 1,5 (8,3%) sisanya mengalami gizi buruk. Sedangkan menurut data dari Posyandu Flamboyan tahun 2008 masih terdapat balita dengan status gizi kurang 19 balita (41,30%), dan status gizi baik 27 balita (58,7%).
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang status gizi balita di Posyandu Flamboyan Desa Gondangrejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Subjek penelitian adalah ibu-ibu yang mempunyai anak balita, sedangkan objek penelitian adalah gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang status gizi balita.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai balita di Posyandu Flamboyan sejumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dengan alat ukur kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang status gizi balita didapatkan yang kategorinya baik sebanyak 14 orang (30,43%), kategori cukup sebanyak 21 orang (45,66%), kategori kurang sebanyak 11 orang (23.91%). Sedangkan hasil sikap ibu tentang status gizi balita didapatkan sikap mendukung (positif) sebanyak 19 orang (14,30%) dan sikap tidak mendukung (negatif) sebanyak 27 orang (58,70%).
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang status gizi balita secara keseluruhan dikategorikan cukup 69,89%, sedangkan sikap ibu sebagian besar tidak mendukung (negatif) 58,70%.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Status Gizi. 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page