Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan masalah yang besar dimana Wold Health Organization (WHO) memperkirakan 52%  perempuan menderita akibat tindak kekerasan.Data dari WHO menyebutkan 48% perempuan di Kenya, 38% perempuan di Korea, 28% perempuan di Amerika Serikat, dan 35% perempuan di Mesir melaporkan telah mengalami tindak kekerasan yang di lakukan oleh pasangan hidup mereka. Data komisi nasional Indonesia menyebutkan angka kejadian KDRT selama tahun 2007 sebanyak 16.709 kasus. Data dari laporan poltabes Bandar Lampung terdapat 62 kasus di RSU A Yani Metro di dapatkan data selama tahun 2007 sebanyak 23 kasus dan kasus paling banyak terdapat di Lingkungan Prasanti yaitu sebanyak 3 kasus. Beberapa faktor yang menyebabkan KDRT adalah lingkungan, masyarakat, keluarga, individu, budaya, hukum, ekonomi. Pusat penelitian Undana menyebutkan bahwa pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai KDRT masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang kekerasan dalam rumah tangga di Lingkungan Prasanti Kelurahan Ganjar Asri tahun 2008. Subjek penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Prasanti Kelurahan Ganjar Asri. Objek penelitian ini adalah gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang kekerasan dalam rumah tangga..
Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dimana hasil penelitian menyajikan gambaran tentang pengetahuan dan sikap ibu tentang kekerasan dalam rumah tangga di Lingkungan Prasanti Kecamatan Metro Barat. Populasi 122 orang, dan pengambilan sampel dengan tabel kricjie yaitu 97 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple radom sampling, dan dilaksanakan dengan cara diundi. Data yang diberikan kepada responden menggunakan kuesioner, kemudian di olah dengan menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan menjawab responden berdasarkan pengetahuan ibu tentang kekerasan dalam rumah tangga secara keseluruhan yaitu sebesar 75,81% dengan kategori baik, sedangkan sikap responden yang mendukung atau positif tentang kekerasan dalam rumah tangga sebanyak 57,73%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang KDRT yang baik, tarnyata tidak berpengaruh terhadap prilaku mereka yang baik pula, hal ini di karnakan banyak faktor yang mempengaruhi individu itu sendiri.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page