Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia tiga sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Sehingga anak yang tidak mengikuti PAUD tidak akan terdeteksi penyimpangan-penyimpangan antara lain rendahnya diri, penakut, tidak mau mandiri atau menjadi sebaliknya serta dapat mengakibatkan penyimpangan yang bisa terjadi dikemudian hari. Adanya ibu yang tidak mengikut sertakan balitanya di Daerah Lampung Tengah sebesar 87% sedangkan di Desa Sidomulyo sendiri terdapat sekitar 65% balita yang tidak mengikuti PAUD. Beberapa faktor yang menyebabkan balita yang tidak mengikuti PAUD disebabkan oleh faktor pendidikan, pekerjaan, ekonomi (Soegeng, 2007 : 15).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu balita tentang pendidikan anak usia dini di Desa Sidomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2009. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dengan menggunakan tingkat kesalahan 5% dengan tingkat kebenaran 95%. Dengan populasi sebanyak 191 balita yang tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dan besarnya sampel penelitian 127 balita. Diambil dengan cara wawancara (primer) dengan alat ukur kuesioner, setelah itu data di olah kemudian dianalisis menggunakan univariat.
Analisis pengetahuan ibu balita tentang PAUD didapat hasil 49% yang dikategorikan kurang. Sedangkan untuk sikap proporsi terbanyak yaitu 59,09% tidak mendukung.
Kesimpulan dari penelitian pengetahuan ibu balita tentang pendidikan anak usia dini di Desa Sidomulyo Punggur Lampung Tengah yaitu memiliki pengetahuan secara keseluruhan dikategorikan kurang. Sikap ibu balita  tentang pendidikan  anak usia dini  di Desa Sidomulyo Punggur Lampung Tengah sebagian besar dikategorikan tidak mendukung.

Kata Kunci    :    Pengetahuan, Sikap, Ibu
Daftar Bacaan    :    20 (1998 – 2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page