Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu yang Mempunyai Anak Menderita TB Paru

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh micobacterium tuberkulosis. Tuberkulosis pada anak masih merupakan problem yang kompleks terutama dinegara yang sedang bekembang.morbiditas tuberkulosis pada anak merupakan parameter keberhasilan pemberantsan tuberkulosis disuatu daerah atau disuatu negara. WHO (1996) menunjukan bahwa 10-15% tuberkulosis diderita oleh anak. Data dari Medical Record  Ahmad Yani Metro 2008 terdapat penderita TB Paru pada anak sebanyak 1679 kasus dari 4500 pasien ( 37,32%) anak yang berobat jalan di Poliklinik Anak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu yang mempunyai anak menderita TB Paru tentang TB paru di RSUD A. Yani Metro.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah ibu yang mempunyai anak menderita TB Paru dengan populasi 46 responden. Objek penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap ibu yang mempunyai anak menderita TB Paru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik accidental sampling, pengukuran variabel penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan rumus:
Hasil penelitian pada penelitian ini meliputi: rata-rata pengetahuan ibu cukup dengan presentase 56,63% sedangkan rata-rata sikap ibu termasuk dalam kategori sikap negatif (tidak mendukung) dengan presentase 36,09%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan ibu cukup dan sikap ibu negatif, Hal ini dapat disebabkan karena pendidikan sebagian besar ibu hanya Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan pengetahuan dan pembentukan sikap salah satunya dapat dipengaruhi oleh pendidikan, sehingga mungkin jika pengetahuan ibu cukup maka akan menujukan sikap negatif (tidak mendukung). Sebaiknya petugas kesehatan memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat, serta melakukan pengawasan menelan obat pada penderita TB Paru secara langsung sehingga dapat memutus mata rantai penularan TB.

Kata kunci      : TB Paru, Pengetahuan dan Sikap
Daftar bacaan     : 15 (1998 – 2007)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page