Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Penatalaksanaan Pre-operasi Seksio Caesar

Besarnya persalinan secsio sesarea (SC) dibandingkan persalinan normal tetap mengandung resiko dan kerugian yang lebih besar yaitu kematian dan komplikasi seperti kesakitan mengahadapi masalah fisik pasca operasi dengan timbulnya rasa sakit, perdarahan, infeksi, kelelahan, sakit punggung, sembelit,  dan gangguan tidur juga memiliki masalah secara psikologis karena kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan bayi dan merawatnya (Depkes RI, 2006 : 9). Berdasarkan data yang diperoleh dari catatan Medical Record Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2006, didapatkan data bahwa angka kejadian SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro sebesar 11,27% dari total persalinan (Medical Record, 2006) dan dari informasi sejumlah mahasiswa yang mempunyai pengalaman magang dan pengalaman pasien yang pernah menjalani operasi SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro, penatalaksanaan Pre-Operasi SC belum dilaksanakan semua sesuai dengan teori dalam asuhan kebidanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penatalaksanaan pre-operasi SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2007, meliputi persiapan mental spritual pre-operasi SC, penyuluhan pre-operasi SC, penatalaksaan persiapan fisik penderita, pemeriksaan laboratorium dan penatalaksanaan premedikasi.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan penatalaksanaan pre-operasi SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode observasi, sampel penelitian ini menggunakan sampel aksidental, dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kuantitif. Subjek penelitian ini adalah tenaga kesehatan yang bertugas di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro dan yang menjadi objek penelitian adalah ibu yang bersalin dengan SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2007.
Hasil penelitian penatalaksanaan pre-operasi SC di Ruang Bersalin RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro pada penatalaksanaan mental spritual dikategorikan cukup dengan persentase 64,6%, penyuluhan pre-operasi SC dikategorikan kurang sekali dengan persentase 0%, penatalaksanaan persiapan fisik dikategorikan cukup dengan persentase 63,4%, pemeriksaan laboratorium dengan persentase 80% dan premedikasi dikategorikan baik dengan persentase 100%.

Kata Kunci : Penatalaksanaan Pre-Operasi Seksio Caesar

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page