Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Penatalaksanaan 6 Jam Pertama Bayi Baru Lahir Normal Oleh Bidan

Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai kendala dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang kesehatan. Berdasarkan WHO kematian bayi sebesar 10.000.000 jiwa/tahun, sedangkan menurut Survei  Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002/2003 angka kematian bayi (AKB) 20/1000 kelahiran hidup. Ditinjau dari pertumbuhan dan perkembangan bayi, periode neonatal merupakan periode yang paling kritis. Salah satu kendalanya antara lain kurangnya baiknya penanganan 6 jam pertama pada bayi baru lahir. Misalnya hipotermi yang selanjutnya menyebabkan hipoksia yang dikarenakan pencegahan infeksi yang tidak terlaksana, suhu tubuh yang tidak terjaga, dan kurang baiknya pembersihan jalan nafas. Berdasarkan pra survey RSUD A. Yani Metro diperoleh data 776 bayi lahir hidup, dengan kasus asfiksia terdapat 43 (5,54%) dan hipotermia terdapat 37 (4,77%).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal yang meliputi pencegahan infeksi, mencegah kehilangan panas, membersihkan jalan nafas dan pemberian ASI segera setelah lahir oleh bidan di Ruang Kebidanan RSUD A. Yani Metro. Subyek dalam penelitian ini adalah bidan yang bertugas di Ruang Kebidanan RSUD A. Yani Metro, sedangkan objek penelitiannya adalah penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasinya bidan yang bertugas di Ruang Kebidanan pada tanggal 4-18 Juni 2008 dan sampelnya berjumlah 8 orang bidan dimana setiap bidan melakukan 3 kali penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal. Pengambilan data dengan cara accidental dengan variabelnya adalah penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal oleh bidan.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah check list yang diambil dengan cara observasi dan di analisis dengan analisis univariat  dengan teknik persentase.
Hasil dari penelitian ini yaitu di peroleh data pada penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal dalam pencegahan infeksi telah dilakukan dengan kategori baik (92,7%), pencegahan kehilangan panas dengan kategori baik (94,4%), pembersihan jalan nafas dengan kategori cukup (73,3%) dan pemberian ASI segera setelah lahir dengan kategori cukup (66,8%).
Kesimpulan dari penelitian ini mengenai penatalaksanaan 6 jam pertama bayi baru lahir normal oleh bidan di Ruang Kebidanan RSUD A. Yani Metro yaitu sebesar 74,2%.

Kata Kunci: Penatalaksanaan, 6 Jam Pertama Bayi Baru Lahir Normal, Bidan

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page