Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Cakupan Persalinan Oleh Bidan

Saat ini diharapkan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan 90% kenyataannya pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan masih dapat dijumpai di Indonesia khususnya di daerah pedesaan. Desa Sidomulyo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Lampung Selatan tercatat pada bulan Januari sampai dengan Desember 2003 pertolongan persalinan oleh bidan hanya berkisar 40%.
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang faktor penyebab  tidak tercapainya target cakupan persalinan oleh bidan di Desa Sidomulyo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Lampung Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana populasi yang digunakan adalah ibu-ibu yang bersalin ditolong oleh dukun (tenaga non kesehatan) dari bulan Januari – Desember 2003. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 63 responden (total sampel). Data di kumpul dengan cara menyebarkan angket yang kemudian diolah dan dianalisa. Data yang telah diolah disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Dari penelitian ini diperoleh gambaran tentang tidak tercapainya target cakupan persalinan oleh bidan berdasarkan :
1.Faktor tingkat ekonomi sebanyak 41 (65,1%) responden memiliki tingkat ekonomi rendah
2.Faktor tingkat pendidikan sebanyak 42 (66,7%) responen berpendidikan dasar.
3.Faktor tingkat budaya berdasarkan pengambil keputusan untuk memilih penolong persalinan yaitu sebanyak 36 (57,1%) responden menjawab suami. Dan dengan alasan ibu kedukun sebanyak 49 (77,8%) responden karena kebiasaan lingkungan.
4.Faktor bidan sebanyak 50 (79,4%) responden menjawab biaya mahal.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak tercapainya pertolongan persalinan oleh bidan di Desa Sidomulyo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Lampung Selatan dikarenakan masih rendahnya tingkat ekonomi dan tingkat pendidikan ibu-ibu yang bersalin dengan dukun, dari sudut pandang sosial budaya suami sebagai kepala keluarga mempunyai peranan dalam mengambil keputusan serta masih adanya pengaruh lingkungan. Selain itu biaya  mahal dari faktor bidan mendukung untuk memilih bersalin ke tenaga non kesehatan.

Kata Kunci  : Faktor Penyebab, Cakupan Persalinan, Bidan

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page