Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Tidak Teraturnya Siklus Menstruasi Pada Mahasiswa Tingkat IIB Program Studi Kebidanan

Wanita dalam kehidupannya tidak luput dari adanya siklus haid normal yang terjadi secara siklik. Ia akan merasa terganggu bila hidupnya mengalami perubahan, terutama bila haid menjadi lebih lama dan atau banyak, tidak teratur, lebih sering atau idak haid sama sekali. Salah satu penyebab infertilitas wanita antara lain dilihat dari riwayat menstruasinya, apakah siklus menstruasinya teratur. Kelainan fase luteal siklus menstruasi merupakan penyebab infertilitas yang penting. Hal ini bisa terlihat dari data hasil studi pendahuluan terhadap 39 mahasiswa Tingkat IIB Program Studi Kebidanan Metro dimana dari 39 mahasiswa didapatkan 22 mahasiswa yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi tidak teraturnya siklus menstruasi pada mahasiswa Tingkat IIB Program Studi Kebidanan Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Tingkat IIB Program Studi Kebidanan Metro dan objek dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tidak teraturnya siklus menstruasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu seluruh Mahasiswa Tingkat IIB yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur berjumlah 22 mahasiswa, pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara dengan alat ukur berupa kuesioner dengan jumlah 15 soal dan pengukurannya menggunakan skala ordinal.
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 22 responden, didapatkan data faktor yang mempengaruhi tidak teraturnya siklus menstruasi adalah kelompok usia 19 tahun 50%, keadaan psikologis (stres) 54,55% dan 81,82% responden yang tidak mengkonsumsi gizi seimbang.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tidak teraturnya siklus menstruasi yang terbanyak adalah dari faktor gizi.

Kata Kunci : Faktor-Faktor, Tidak Teratur, Siklus Menstruasi 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page