Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Mastitis Pada Ibu Post Partum

Menyusui merupakan suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu diseluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI. Masalah-masalah menyusui yang sering terjadi adalah puting susu lecet atau nyeri sekitar 57% dari ibu-ibu yang menyusui di laporkan pernah menderita kelecetan pada putingnya dan payudara bengkak. Payudara bengkak ini sering terjadi pada hari ke-3 dan ke-4 setelah melahirkan, karena terdapat sumbatan pada 1 atau lebih duktus laktiferus dan mastitis serta abses payudara yang merupakan kelanjutan atau komplikasi dari mastitis yang disebabkan karena meluasnya peradangan payudara. Mastitis dan abses payudara terjadi pada semua populasi, insiden yang dilaporkan bervariasi dari sedikit sampai 33% wanita menyusui, tetapi biasanya dibawah 10%, berdasarkan prasurvey yang dilakukan di BPS Dwi Yuliani Seputih Banyak didapatkan ada 11 orang ibu postpartum yang terkena mastitis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mastitis pada ibu post partum di BPS Dwi Yuliani Seputih Banyak. Dilihat dari pemberian ASI yang tidak adekuat, pengetahuan ibu, puting lecet, status gizi dan payudara bengkak.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian ini adalah seluruh ibu post partum yang terkena mastitis serta obyek penelitian adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mastitis pada ibu post partum di BPS Dwi Yuliani Seputih Banyak pada bulan Januari - Mei 2007. Penelitian ini menggunakan cara pengambilan sampel jenuh karena sampel yang diambil hanya berjumlah 11 orang ibu post partum yang terkena mastitis.
Alat pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan skala ukurnya ordinal dan nominal. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mastitis pada ibu post partum di lihat dari faktor pemberian ASI adekuat, faktor pengetahuan ibu, faktor puting lecet, faktor status gizi, dan payudara bengkak.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara umum (72,7%) dari 11 orang ibu post partum yang mengalami mastitis disebabkan oleh pemberian ASI yang tidak adekuat, (54,6%) oleh pengetahuan ibu, (63,6%) dari puting lecet, (72,7%) oleh status gizi dilihat dari anemia, (54,6%) oleh payudara bengkak.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis didapatkan bahwa pemberian ASI tidak adekuat dan anemia merupakan faktor penyebab paling besar yaitu 72,7%.

Kata Kunci    :    Postpartum, Penyebab, Mastitis

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page