Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Konsumsi Tablet Fe Pada Ibu Hamil

Defisiensi zat besi merupakan penyebab anemia gizi yang paling lazim. Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa prevalensi ibu hamil yang mengalami defisiensi besi sekitar 35-75%. Anemia defisiensi besi dapat dicegah dengan pemberian suplemen tambah darah. Prosentase ibu hamil yang minum tablet Fe di Propinsi Lampung sesuai anjuran ternyata relatif kecil yaitu 18,8%. Di Kota Metro cakupan kualitas sering mengalami penurunan, prosentase tertinggi punurunan cakupan Fe1 ke cakupan Fe3 di Puskesmas Ganjar Agung (26,22%). Rendahnya konsumsi tablet Fe pada ibu hamil disebabkan oleh beberapa faktor,  antara lain : efek dari pemakaian tablet Fe, kurangnya pengetahuan ibu tentang tablet Fe, kepatuhan ibu dalam mengkonsumsi tablet Fe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi tablet Fe pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat Tahun 2007.
            Subjek  dalam penelitian ini adalah Ibu Hamil trimester dua dan trimester tiga. Objek dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi tablet Fe. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 ibu hamil trimester dua dan tiga. Sampel dalam penelitian ini semua dari populasi atau sampel jenuh. Desain atau rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang menggambarkan variabel penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi tablet Fe pada ibu hamil. Pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode wawancara dengan panduan kuesioner. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat yang di lakukan terhadap tiap variabel dari hasil penelitian, yaitu menggambarkan prosentase dari faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi tablet Fe pada ibu hamil.
    Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsumsi tablet Fe di Wilayah Kerja Puskesmas Ganjar Agung termasuk dalam kategori rendah sebesar 56,25 %. Faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi tablet Fe pada ibu hamil ditinjau dari efek samping sebesar 34,4 %, ditinjau dari pengetahuan sebesar 62,5 %,  dan ditinjau dari kepatuhan sebesar 78,1 %.

Kata Kunci : Konsumsi Tablet Fe, Ibu hamil




Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page