Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Cakupan Akseptor Baru Keluarga Berencana Alat Kontrasepsi Dalam Rahim

Program Keluarga Berencana merupakan salah satu usaha penanggulangan pertumbuhan penduduk. Indonesia menghadapi masalah dengan jumlah dan kuantitas Sumber Daya Manusia dengan kelahiran 5.000.000 pertahun. Untuk dapat mengangkat derajat kehidupan bangsa  telah di laksanakan secara bersamaan pembangunan ekonomi dan Keluarga Berencana yang merupakan sisi masing-masing mata uang. Bila gerakan Keluarga Berencana tidak dilakukan secara bersamaan dengan pembangunan ekonomi, di khawatirkan hasil pembangunan tidak akan berarti.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan Akseptor baru Keluarga Berencana alat kontrasepsi dalam rahim di Puskesmas Kemiling berdasarkan faktor kesadaran, dukungan suami paritas, tingkat pendidikan.
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deksriptif dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner, pengukuran variabel dengan menggunakan skala ordinal dan interval dimana hasil penelitian yang menyajikan gambaran tentang faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan akseptor baru keluarga berencana, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim di Puskesmas Kemiling Bandar Lampung.
Subyek penelitian dalam Karya Tulis Ilmiah ini adalah pasangan usia subru yang belum menjadi akseptor Keluarga Berencana. Obyek penelitian adalah faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan akseptor baru KB AKDR yang meliputi faktor kesadaran, faktor dukungan suami, faktor faritas, faktor tingkat pendidikan, dengan populasi sebanyak 600 orang dan sampel yang diambil adalah 10% dari total populasinya yaitu 60 orang pasangan usia subur dengan menggunakan tehnik random sampling.
Hasil Penelitian ini disimpulkan b,ahwa faktor kesadaran 65%, faktor dukungan suami yang tidak mendukung 65%, faktor paritas dengan jumlah anak 2 orang 56,67% dan faktor tingkat pendidikan yang paling banyak pendidikan SMP 60%, sehingga menjadi faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan Akseptor Baru KB AKDR di Puskesmas Kemiling Bandar Lampung.

Kata  Kunci :Faktor-faktor, mempengaruhi, Akseptor Baru AKDR

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page