Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Kurang Dari 6 Bulan

Peningkatan kualitas manusia harus dimulai sedini mungkin sejak masih  bayi. Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas manusia adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI). ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, karena ASI mengandung zat gizi yang paling sesuai kualitas dan kuantitasnya untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini dalam waktu jangka panjang akan mengakibatkan anak kurang gizi sehingga dapat mempengaruhi perkembangan otak. Berdasarkan pra survey jumlah bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dan telah diberikan makanan pendamping ASI berjumlah 102 bayi (96,20%)
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan, ditinjau dari faktor sosial budaya, psikologis, promosi makanan pendamping ASI, dan Petugas kesehatan. Subyek penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai bayi kurang dari 6 bulan yang telah  memberikan makanan pendamping ASI. Obyek pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah ibu yang memiliki bayi yang berusia kurang dari 6 bulan yang telah memberikan makanan pendamping ASI dan sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah ibu yang memiliki bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dan telah memberikan makanan pendamping ASI diwilayah kerja Puskesmas Banjarsari Kecamatan Metro Utara sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket menggunakan instrumen pengumpulan data kuesioner, terdiri dari 20 pertanyaan yang dibagi kedalam 4 sub variabel dan masing- masing sub variabel terdiri dari 5 pertanyaan. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala Nominal.  
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa perubahan sosial budaya mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan dengan persentase 61,6%, 64% psikologis tidak mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI, 56% promosi makanan pendamping ASI tidak mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI, dan 65, 6% pengaruh utama pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan adalah petugas kesehatan.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan karena adanya pengaruh dari sosial budaya dengan persentase 61,6% dan 65,6% pengaruh dari petugas kesehatan dan tidak adanya pengaruh psikologis, promosi makanan pendamping ASI. Dalam pemberian makanan pendamping ASI pada bayi kurang dari 6 bulan.

Kata Kunci    : Faktor yang mempengaruhi, Pemberian Makanan Pendamping ASI, Bayi kurang dari 6 bulan.

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page