Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-Faktor Rendahnya Penggunaan Implant Di Kelurahan

Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu usaha pemerintah Indonesia untuk menanggulangi masalah pertumbuhan penduduk. Gerakan Keluarga Berencana Nasional adalah gerakan masyarakat yang menghimpun dan mengajak segenap potensi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam melembagakan dan membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia Dalam program ini salah satu tujuannya adalah menjarangkan kehamilan dengan menggunakan metode kontrasepsi. Salah satu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) adalah implant, yaitu suatu alat kontrasepsi yang mengandung levonorgestrel yang dibungkus dalam kapsul silatic-silicone dan disusukkan di bawah kulit. Implant berdaya guna tinggi, perlindungan jangka panjang (sampai 5 tahun), tidak membutuhkan pemeriksaan dalam dan tidak mengganggu kegiatan senggama. Selain itu implant dapat dicabut setiap saat sesuai kebutuhan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang faktor-faktor rendahnya penggunaan implant di Kelurahan Imopuro melalui variabel faktor ekonomi ibu akseptor implant, faktor pendidikan ibu akseptor implant, faktor usia  ibu akseptor implant dan faktor paritas ibu akseptor implant.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah tingkat ekonomi yaitu sebagian besar responden berpenghasilan rendah (< Rp. 750.000,-) yaitu 44 responden (49,4%) dari jumlah keseluruhan responden sebanyak 89 ibu akseptor KB selain implant, tingkat Pendidikan sebagian besar responden berpendidikan Menengah (SLTP dan SLTA) yaitu 80 responden (89,9%) dari keseluruhan 89 ibu akseptor KB selain implant, tingkat Usia sebagian besar responden berusia (20-30 tahun) yaitu 45 (50,6%) responden dari keseluruhan 89 ibu akseptor KB selain implant dan tingkat Paritas sebagian besar responden yaitu 40 (44,9%) memiliki paritas sedang (2-3 anak) dari keseluruhan 89 ibu akseptor KB selain implant.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor paritas dan faktor usia mempengaruhi rendahnya penggunaan implant di Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat.

Kata Kunci : Faktor-Faktor Rendahnya, Penggunaan Implant.

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page