Ads 468x60px

17 Oktober, 2012

Hubungan Usia dan Paritas ibu dengan Plasenta Previa di Ruang Bersalin


Perdarahan pada trimester ketiga pada umumnya merupakan perdarahan yang berat, yang dapat menyebabkan syok dan kematian ibu dan bayinya. Salah satu penyebabnya adalah placenta previa. Placenta Previa dapat menimbulkan penyulit pada ibu, dapat juga menimbulkan penyulit pada janin, yaitu asfiksia sampai pada kematian pada janin dalam rahim. Dampak dari plasenta previa bisa mengakibatkan terjadinya syok, anemia dan kematian. Angka kejadian plasenta previa di Ruang Bersalin RSUD A. Yani Kota Metro dalam tiga tahun terakhir terjadi peningkatan tahun 2008 berjumlah 35 orang (4,42%), tahun 2009 berjumlah 39 orang (4,86 %), pada tahun 2010 sebanyak 38 orang (4,98%). Penyebab plasenta previa dapat disebabkan beberapa faktor antara lain umur, dan paritas, riwayat endometrium yang cacat.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia dan paritas ibu dengan kejadian plasenta previa pada ibu bersalin di RSUD A. Yani  Kota Metro tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah semua seluruh ibu dengan kasus perdarahan di ruang bersalin RSUD A. Yani Kota Metro pada tahun 2011 berjumlah 242 Orang. Sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 151 ibu dan diambil dengan tehnik simple random sampling. Alat ukur berupa lembar checklist yang dianalisa secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa distribusi frekuensi responden dengan plasenta previa sebanyak 40 orang (26,49%), usia beresiko sebanyak 33 orang (21,85%), dan paritas beresiko sebanyak 12 orang (7,95%). Hubungan antara paritas ibu bersalin dengan kejadian plasenta previa (p-value = 0,024), hubungan antara usia ibu bersalin dengan kejadian plasenta previa (p-value = 0,034)
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara usia dan paritas ibu dengan kejadian plasenta previa di RSUD A. Yani Kota Metro tahun 2011, sehingga perlu dilakukan promosi kesehatan melalui penyuluhan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan kesehatan ibu hamil untuk deteksi dini dan penanganan yang tepat terhadap plasenta previa khususnya jika ditemukan adanya ibu hamil dengan usia dan paritas beresiko selama kehamilan. 

Kata Kunci : Usia, paritas, plasenta previa 
Daftar Bacaan : 20 (1998-2011)

nda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page