Ads 468x60px

17 Oktober, 2012

Hubungan Riwayat Seksio Sesarea dan Paritas dengan Kejadian Retensio Plasenta


Angka Kematian Ibu di Indonesia masih relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara anggota ASEAN. Retensio plasenta merupakan salah satu penyebab perdarahan yang dapat mengancam jiwa karena perdarahan. Di Provinsi Lampung angka kejadian 50,69%, dan di Lampung Tengah  tahun 2010 terdapat 5% karena retensio plasenta. Menurut WHO dilaporkan 15-20% kematian ibu karena retensio plasenta dan insidennya adalah 0,8-1,2% untuk setiap kelahiran. Angka kejadian di RSU Demang Sepulau Raya tahun 2009 sebanyak 2,82%, dan mengalami peningkatan pada tahun 2010 sebanyak 5,29%, dan lebih besar dibandingkan dengan angka kejadian di RSI Asy Syifaa tahun 2010 sebanyak 2,86% (13 kasus). Retensio plasenta dapat dipengaruhi oleh faktor paritas dan riwayat secsio cesarean.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat seksio sesarea dan paritas dengan kejadian retensio plasenta pada ibu bersalin di RS Demang Sepulau Raya Lampung Tengah pada tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus pada penelitian ini adalah ibu bersalin yang mengalami retensio plasenta yang berjumlah 56 ibu dan populasi kontrol adalah semua ibu bersalin yang tidak mengalami retensio plasenta sebanyak 1078 ibu. Sampel diambil dengan rumus Lemeshow sehinga diperoleh sampel minimal sebanyak 56 ibu dan sampel kontrol dengan perbandingan 1:1 berjumlah 56 ibu yang dipilih dengan tehnik systematic random sampling. Studi dokumentasi berupa checklist yang selanjutnya dianalisa secara univariat untuk mengetahuai persentase tiap variabel dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian dari 112 responden ternyata proporsi riwayat secsio cesarea sebesar 15,18% dan, proporsi paritas resiko tinggi sebesar 45,54%. Ada hubungan antara riwayat secsio cesarea dengan kejadian retensio plasenta dengan p value : 0,035, dan OR : 3,930. Ada hubungan antara paritas dengan kejadian retensio plasenta di dengan p value : 0,000, dan OR : 15,667. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara riwayat secsio cesarea  dan paritas dengan kejadian retensio plasenta di RSU Demang Sepulau Raya tahun 2011, sehingga perlu meningkatkan pelayanan kesehatan dan penyuluhan pada ibu bersalin khususnya dengan riwayat secsio cesarea dan paritas resiko tinggi berkaitan dengan resiko terjadinya retensio plasenta dengan melakukan pengawasan dan asuhan kebidanan yang tepat dan manajemen aktif kala III.

Kata Kunci : Retensio plasenta, riwayat seksio cesarea, paritas.
Daftar Bacaan : 23 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Fans Page