Ads 468x60px

17 Oktober, 2012

Hubungan Pre Eklampsia dan Sisa Plasenta dengan Perdarahan Post Partum pada ibu bersalin


Perdarahan bertanggung jawab atas 28 persen kematian ibu di dunia dan perdarahan merupakan penyebab kematian nomor satu (40%-60%) kematian ibu melahirkan di Indonesia. Hasil survey di RSUD Demang Sepulau Raya, didapatkan peningkatan kejadian perdarahan post partum pada tahun 2010 berjumlah 5,53%, dan tahun 2011 meningkat menjadi 13,75%. Beberapa faktor penyebab dari perdarahan post partum diantaranya sisa plasenta serta pre eklampsia.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pre eklampsia dan sisa plasenta dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin di RSUD Demang Sepulau Raya tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus semua ibu bersalin yang mengalami perdarahan postpartum di RSUD Demang Sepulau Raya tahun 2011 yang berjumlah 156 ibu dan populasi kontrol adalah semua ibu bersalin yang tidak mengalami perdarahan postpartum yang berjumlah 978 ibu bersalin. Sampel kasus adalah ibu bersalin yang mengalami retensio plasenta yang ditentukan dengan rumus Lameshow yang berjumlah 65 ibu bersalin dan sampel kontrol dengan perbandingan 1:1 berjumlah 65 ibu bersalin yang diambil dengan tehnik systematic random sampling. Cara ukur dengan studi dokumentasi dan alat ukur lembar checklist yang dianalisis secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisis chi square.
Hasil penelitian bahwa proporsi kejadian perdarahan post partum berdasarkan kejadian pre eklampsia sebesar 16,62%, proporsi kejadian perdarahan post partum berdasarkan kejadian sisa plasenta sebesar 25,38%. Ada hubungan antara pre eklampsia dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin di RSUD Demang Sepulau Raya tahun 2011 dengan p value: (0,047 < : 0,005), dan ada hubungan antara sisa plasenta dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin di RSUD Demang Sepulau Raya tahun 2011, dengan p value : (0,000 < : 0,005) dengan tingkat kepercayaan 95%.
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara pre eklampsia dan sisa plasenta dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu bersalin di RSUD Demang Sepulau Raya tahun 2011, sehingga perlu meningkatkan pengawasan dan penanganan dengan asuhan persalinan yang efektif  khususnya pada ibu yang mengalami pre eklampsia dan sisa plasenta agar tidak berlanjut menjadi perdarahan postpartum.

Kata Kunci : Perdarahan postpartum, pre eklampsia, sisa plasenta.
Daftar Bacaan : 22 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page