Ads 468x60px

17 Oktober, 2012

Hubungan Pre eklampsi-eklampsi dengan Kejadian Intra Uterin Fetal Death


IUFD adalah janin yang mati dalam rahim dengan berat badan 500 gram atau lebih dan atau kematian janin pada kehamilan 20 minggu atau lebih. Angka Kematian Perinatal (termasuk IUFD) sekitar 77% dari kematian neonatal, dimana kematian neonatal 58% dari total kematian bayi di Indonesia. Penyebab yang berkaitan dengan IUFD diantaranya faktor ibu beresiko tinggi yang berhubungan dengan kehamilan yaitu pre eklampsi-eklamsi. Pra survey di RSUD Jendral                  A. Yani Kota Metro, diperoleh data mengenai kejadian IUFD dari tahun 2009 sebanyak 20 kasus (2,18%) dari 891 persalinan, pada tahun 2010 meningkat menjadi 26 kasus (2,84%) dari 916 persalinan dan menjadi sebesar 34 kasus (3,46%) dari 984 persalinan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mengetahui pre eklampsi-eklampsi dengan kejadian IUFD pada ibu bersalin di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2011. 
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan studi kasus kontrol (case control). Populasi kontrol adalah semua bayi dan janin baru lahir yang usia gestasi lebih dari 20 minggu yang berjumlah 936 orang, populasi kasus berjumlah 48 kasus, jumlah sampel kasus 36 kasus yang dipilih secara simple random sampling, dan sampel kontrol dengan perbandingan dan 1:2 atau 72 sampel kontrol kasus. Tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa studi dokumentasi rekam medik, dengan alat ukur chek list. Analisis yang data yang digunakan analisis univariat untuk menghitung distribusi variabel dan bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi kejadian IUFD pada responden terdapat 33,33%, proporsi pre eklampsi-eklampsi 66,7%. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pre eklampi-eklampsi dengan kejadian IUFD (p-value= 0,000, OR=13,615). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pre eklampsi-eklampsi dengan kejadian IUFD, oleh karena itu, diperlukan penatalaksanaan perawatan ante natal pada ibu hamil dengan pre eklampsi¬-eklampsi sesuai dengan standar pelayanan dan pendidikan kesehatan mengenai perawatan ante natal.

Kunci : IUFD, Pre eklampsia-eklampsia.
Daftar Bacaan : 36 (1998-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Fans Page